PEMAHAMAN SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR TERHADAP FUNGSI TRIGONOMETRI BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESSES, OBJECT, AND SCHEMA) KELAS X SMA AL AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Evy Ramadina, Ramadina Evy
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1801/1/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1801/2/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1801/3/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1801/4/BAB%20IV%20Hasil%20Penelitian%20dan%20Pembahasan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1801/5/BAB%20V%20PENUTUP.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1801/6/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1801/
Daftar Isi:
  • Evy Ramadina, 3214113005, 2015. “Pemahaman Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Fungsi Trigonometri Berdasarkan Teori APOS (Action, Processes, Object, And Shcema) Kelas X SMA Al Azhaar Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman, Fungsi Trigonometri, Teori APOS, Gaya Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pemahaman yang baik seringkali dilewatkan oleh siswa. Mereka lebih memilih untuk menghafal daripada memahami makna dari sebuah ilmu pengetahuan. Untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa ini peneliti menggunakan Teori APOS, karena Teori APOS dapat digunakan sebagai suatu alat analisis untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang berbagai topik matematika. Karakteristik siswa yang dikenal dengan gaya belajar juga dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan memandang masalah dalam matematika. Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian yang mengintegrasikan pemahaman, berdasarkan Teori APOS, dan gaya belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa mengenai konsep fungsi trigonometri berdasarkan Teori APOS di Kelas X SMA AL Azhaar Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 berdasarkan gaya belajarnya dan mendeskripsikan tingkat perkembangan skema siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan fungsi trigonometri berdasarkan gaya belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) tes, 2) wawancara, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) rata-rata tingkat pemahaman siswa mengenai konsep fungsi trigonometri berada pada empat tahap tertentu dari Teori APOS, untuk siswa visual learning dan auditory learning memiliki rata-rata tingkat pemahaman secara umum mencapai tahap proses, sedangkan siswa kinesthetic learning secara umum mencapai tahap objek , 2) perkembangan skema siswa visual learning dan auditory learning berada pada tahap intra, sedangkan perkembangan skema siswa kinesthetic learning berada pada tahap inter.