Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung

Main Author: LUTHFATURROHMAH, LUTHFA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/2/COVER%20dalam.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/4/LEMBAR%20PENGESAHAN%20%28luthfa%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/5/MOTTO.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/6/PERSEMBAHAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/7/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/8/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/9/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/10/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/11/ABSTRACT.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/12/%D9%85%D9%84%D8%AE%D8%B5.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/13/bab%201.1.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/14/BAB%20II%20%281%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/15/BAB%20III%20%28FX%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/16/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/17/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/19/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/20/lampiran%201-2.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/21/lampiran%203-4.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/22/lampiran%205-8.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/23/lampiran%209.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/24/lampiran%2010.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/25/lampiran%2011.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/26/lampiran%2012.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/27/lampiran%2013.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/28/lampiran%2014.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/29/lampiran%2015.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/30/lampiran%2016.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/31/lampiran%2017.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/32/lampiran%2018.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/33/Rencana%20Pelaksanaan%20Pembelajara1.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/34/lampiran%2019.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/35/lampiran%2020.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/36/lampiran%2021.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/37/lampiran%2022.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/38/lampiran%2023.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/39/lampiran%2024.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/40/lampiran%2025.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/41/lampiran%2026.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/42/SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1777/
Daftar Isi:
  • Skripsi yang membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kreativitas dan hasil belajar, ini dilatar belakangi oleh pandangan mayoritas siswa bahwa pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit dan penguasaan siswa terhadap pelajaran matematika masih rendah. Padahal matematika memiliki peranan yang dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan matematika tidak lepas dari persiapan siswa dan guru. Guru harus mampu menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar matematika. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Model pembelajaran ini menenuntut siswa untuk mampu merencanakan topik yang akan dipelajari dan melatih keberanian siswa untuk menerangkan hasil diskusi kelompok didepan teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kreativitas pada materi aritmatika sosial, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation terhadap hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika pada materi aritmatika sosial. Dalam penelitian ini rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII I dan kelas VII J. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan post tes yang berfungsi untuk mengetahi nilai hasil belajar dan kreativitas siswa dalam pemecahan masalah Hasil penelitian ini adalah. (1) ada pegaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kreativitas, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,646 (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh t_hitung>t_tabel dengan taraf nyata 5% sehingga 3,537>2,00. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas ekperimen sebesar 76,03 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 58,52. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05