Daftar Isi:
  • Skripsidenganjudul “KorelasiAntaraPenggunaan Media Pembelajaran Guru DenganPrestasiBelajarSiswa Mata PelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015” iniditulisoleh Diana SundariAgustiani, NIM.3211113059, pembimbing Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci :Korelasi, Penggunaan Media Pembelajaran, PrestasiBelajarSiswa Mata PelajaranFiqih Penelitianinidilatarbelakangiolehsebuahfenomenapenggunaan media pembelajaran guru yang dapatmembangkitkankeingintahuandanminatbarubagisiswasertamembangunmotivasidalam proses pembelajaran yang padaakhirnyadapatmempengaruhiprestasibelajarsiswakhususnyapadamatapelajaranFiqih.Dalamhalinipenelitimenghubungkanmasalahpenggunaan media pembelajaran guru yang meliputi media visual, audio, dan audiovisual denganprestasibelajarsiswamatapelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingRejotanganTulungagung. Rumusanmasalahdalampenulisanskripsiiniadalah (1) Adakahkorelasiyang positifdansignifikanantarapenggunaan media visual denganprestasibelajarsiswamatapelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015 ? (2) Adakahkorelasiyang positifdansignifikanantarapenggunaan media audio denganprestasibelajarsiswamatapelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015? (3) Adakahkorelasiyang positifdansignifikanantarapenggunaan media audiovisual denganprestasibelajarsiswamatapelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015? Denganmenggunakanpendekatankuantitatifkorelasional, adapun yang menjaditujuanpenelitianiniadalah (1) Untukmengetahuiadakahkorelasi yang positifdansignifikanantarapenggunaan media visual guru denganprestasisiswamatapelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015 (2) Untukmengetahuiadakahkorelasiyang positifdansignifikanantarapenggunaan media audio guru denganprestasisiswamatapelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015 (3) Untukmengetahuiadakahkorelasiyang positifdansignifikanantarapenggunaan media audiovisual guru denganprestasisiswamatapelajaranFiqih di MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015. SkripsiinibermanfaatbagiKepala MTs NegeriAryojeding, sebagaisumbanganpemikirandalamrangkapembinaandanpeningkatanmutupengajaran, bagi guru MTs NegeriAryojedingsebagaimasukandalammeningkatkankompetensisosial guru terutamamelatihkemampuannyadalammenggunaan media pembelajaranuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa, khususnyapadamatapelajaranfiqih. Bagisiswa MTs NegeriAryojedingsebagaibahanmasukanuntukmembangunmotivasibelajarmereka, sehinggabelajarsiswamenjadilebihbaik.Bagipenelitiberikutnyasebagaibahanmasukanataureferensi, petunjuk, arahan, maupunacuansertabahanpertimbangandalammenyusunrancanganpenelitian yang lebihbaiklagirelevan. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas VII MTs NegeriAryojedingTahun 2014/2015 sebanyak 328 siswa.Penelitimengambilsampelsebanyak 15 % daripopulasisehinggadidapatsampelsebanyak 49 siswa.Dalampenelitianinidigunakanmetodeangket, teskognitiftertulis, dokumentasidaninterview.Analisis data dalampenelitianiniadalahanalisiskorelasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) Ada korelasiyang positifdansignifikanantarapenggunaan media visual guru denganprestasibelajarsiswamatapelajaranFiqihdalamkategorisedangdenganhasilanalisisrhitung = 0,503> r tabel = 0,05. (2) Ada korelasiyang positifdansignifikanantarapenggunaan media audio guru denganprestasibelajarsiswamatapelajaranFiqihdalamkategorisedangdenganhasilanalisisrhitung = 0,423 > r tabel = 0,05. (3) Ada korelasi yang positifdansignifikanantarapenggunaan media audiovisual guru denganprestasibelajarsiswamatapelajaranFiqihdalamkategorisangatrendahdenganhasilanalisisrhitung = 0,186> r tabel = 0,05.