PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV MI AL-HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

Main Author: KRISDIANA, RISKA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/1/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/2/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/3/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/4/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/5/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/6/Bagian%20Awal.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/7/Daftar%20Rujukan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1736/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Riska Krisdiana, NIM: 3217113088, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM., M.Pd. Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Hasil Belajar siswa Penyebab rendahnya hasil belajar IPS di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung adalah metode yang digunakan dalam proses pembelajaran IPS kurang tervariatif, sehingga siswa cepat bosan dan kurang memperhatikan materi yang diajarkan. Untuk menanggulangi hal itu nampaknya pembelajaran aktif merupakan jawaban atas permasalahan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dengan menerapkan pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada pembelajaran ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas IV MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IV MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. (2) Meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) pokok bahasan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi siswa kelas IV MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Peneliti menggunakan jenis penelitian PTK kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain : observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pelajaran IPS ada 2 tahap yaitu penyajian kelas dan kartu berpasangan. penerapannya telah dilaksanakan dengan baik, serta memberikan perbaikan yang positif dalam diri siswa, meskipun banyak hambatan dalam pelaksanaannya. (2) hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai pre tes, post tes siklus I, sampai post tes siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 60 (pre tes), meningkat menjadi 73,80 (post tes siklus I), dan meningkat lagi menjadi 81,90 (post tes siklus II). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dapat diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada saat pre tes persentasenya 23,80%, meningkat pada hasil post tes siklus I, persentase ketuntasan belajar 61,90% kemudian meningkat lagi pada hasil pos tes siklus II, persentase ketuntasan belajar 85,71%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung.