PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DAN YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MTs NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Hidayat, Nirdya. 3214113127. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan yang Tidak Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs Negeri Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika. Pembimbing: Musrikah, M. Pd Kata kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesibukan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Siswa dituntut untuk maksimal dan berprestasi dalam kegiatan pembelajarannya, sementara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler juga dituntut untuk profesional dalam setiap kegiatan kepramukaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menjadi tertarik untuk meneliti perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan yang tidak mengikuti kegiatan pramuka, khususnya di kelas unggulan di sekolah MTs Negeri Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri Tulungagung? (2) berapa besar perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri Tulungagung (2) mengetahui berapa besar perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Negeri Tulungagung. Pengambilan data dalam penelitian digunakan tes yang hasilnya akan dibandingkan antara hasil belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, serta akan dilihat rata-rata nilai hasil belajar antara keduanya yang kemudian digunakan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan nilainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil signifikansi hitung sebesar lebih dari taraf signifikansi sehingga hipotesis nol diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan jika tidak ada perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka