ctrlnum 1714
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1714/</relation><title>Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Ekstrakulikuler, dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2013/2014</title><creator>TAUFIQUL AZIZ, AZIZ</creator><subject>Pendidikan Menengah</subject><subject>Pendidikan Umum</subject><description>Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal real atau nyata, menekankan &#x201C;process of doing mathematics&#x201D;. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara pendekatan pembelajaran realistik, ekstrakulikuler dan jenis kelamin siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa di SMPN 1 Boyolangu, Tulungagung. &#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (2) Apakah ada pengaruh ekstrakulikuler terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (3) Apakah ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (4) Apakah ada pengaruh pendekatan RME, Ekstrakulikuler, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. &#xD; Skripsi ini berguna bagi Kepala SMPN 1 Boyolangu, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pemilihan metode dan pendekatan yang tepat yang akan diterapkan di Sekolah demi meningkatkan mutu pengajaran. Bagi para guru Sekolah sebagai dasar pelaksanaan dan pembelajaran sehari-hari untuk siswa. bagi siswa SMPN 1 Boyolangu, sebagai bahan acuan dan renungan bahwa matematika sebenarnya sudah mereka ketahui sebelumnya, dan mereka gunakan dalam kehidupan mereka. Bagi peneliti lain, dapat berguna untuk bahan acuan atau referensi pada penelitian.&#xD; Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. wawancara digunakan untuk menggali data tentang siswa SMPN 1 Boyolangu yang aktif dan ikut kegiatan ekstrakulikuler sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian.&#xD; Pola penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME, ekstrakulikuler, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika (Y) dan variabel bebasnya adalah pendekatan RME (X1) , ektsrakulikuler (X2), dan jenis kelamin(X3). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purpoive sampling yaitu diambil dengan adanya tujuan.penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Boyolangu pada tanggal 14 Maret 2014 - 2 April 2014. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis regresi 3 prediktor dengan uji t dan uji F untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada dan disesuaikan dengan rumusan masalah.</description><date>2014-06-17</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1714/1/Pengaruh%20Pendekatan%20Pembelajaran%20Matematika%20Realistik%2C%20Ekstrakulikuler%2C%20dan%20Jenis%20Kelamin%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Matematika%20Materi%20Bangun%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1714/2/Pengaruh%20Pendekatan%20Pembelajaran%20Matematika%20Realistik%2C%20Ekstrakulikuler%2C%20dan%20Jenis%20Kelamin%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Matematika%20Materi%20Bangun%20Datar.pdf</identifier><identifier> TAUFIQUL AZIZ, AZIZ (2014) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Ekstrakulikuler, dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. [ Skripsi ] </identifier><recordID>1714</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author TAUFIQUL AZIZ, AZIZ
title Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Ekstrakulikuler, dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic Pendidikan Menengah
Pendidikan Umum
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1714/1/Pengaruh%20Pendekatan%20Pembelajaran%20Matematika%20Realistik%2C%20Ekstrakulikuler%2C%20dan%20Jenis%20Kelamin%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Matematika%20Materi%20Bangun%202.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1714/2/Pengaruh%20Pendekatan%20Pembelajaran%20Matematika%20Realistik%2C%20Ekstrakulikuler%2C%20dan%20Jenis%20Kelamin%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Matematika%20Materi%20Bangun%20Datar.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1714/
contents Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal real atau nyata, menekankan “process of doing mathematics”. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara pendekatan pembelajaran realistik, ekstrakulikuler dan jenis kelamin siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa di SMPN 1 Boyolangu, Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (2) Apakah ada pengaruh ekstrakulikuler terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (3) Apakah ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (4) Apakah ada pengaruh pendekatan RME, Ekstrakulikuler, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. Skripsi ini berguna bagi Kepala SMPN 1 Boyolangu, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pemilihan metode dan pendekatan yang tepat yang akan diterapkan di Sekolah demi meningkatkan mutu pengajaran. Bagi para guru Sekolah sebagai dasar pelaksanaan dan pembelajaran sehari-hari untuk siswa. bagi siswa SMPN 1 Boyolangu, sebagai bahan acuan dan renungan bahwa matematika sebenarnya sudah mereka ketahui sebelumnya, dan mereka gunakan dalam kehidupan mereka. Bagi peneliti lain, dapat berguna untuk bahan acuan atau referensi pada penelitian. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. wawancara digunakan untuk menggali data tentang siswa SMPN 1 Boyolangu yang aktif dan ikut kegiatan ekstrakulikuler sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Pola penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME, ekstrakulikuler, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika (Y) dan variabel bebasnya adalah pendekatan RME (X1) , ektsrakulikuler (X2), dan jenis kelamin(X3). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purpoive sampling yaitu diambil dengan adanya tujuan.penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Boyolangu pada tanggal 14 Maret 2014 - 2 April 2014. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis regresi 3 prediktor dengan uji t dan uji F untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada dan disesuaikan dengan rumusan masalah.
id IOS7171.1714
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:49Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:51Z
recordtype dc
_version_ 1674713356112494592
score 17.538404