Mutiatul, Chusna (2015) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG
Main Author: | Mutiatul Chusna, Mutiatul Chusna |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/1/Awal.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/2/BAB%20I.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/3/BAB%20II.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/4/BAB%20III.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/5/BAB%20IV.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/6/BAB%20V.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/7/Daftar%20Rujukan.pdf http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1709/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mutiatul Chusna, NIM. 3214113122. 2015. “Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung.” Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Progam Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Hasil Belajar Realita dalam pendidikan yang menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang masih rendah karena siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan soal matematika. Salah satu kendalanya adalah siswa kurang percaya diri dalam memecahkan soal matematika dan hanya terpaku pada satu konsep, hal ini disebabkan soal selalu disajikan dengan satu macam cara atau pemecahan masalah yang sama. Sehingga saat disajikan jenis soal yang berbeda siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami persoalan yang disajikan. Faktor tersebut yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi matematika. Melihat keadaan tersebut, maka peneliti melakukan riset tentang pengaruh pendekatan open-ended yang dapat mengembangkan potensi intelektual siswa dan pikiran-pikiran kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII yang berjumlah 195 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga mengambil sampel yang berjumlah 60 siswa. Teknik analisis menggunakan uji t-test dengan variabel bebas yaitu Pendekatan Open-Ended dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Dari hasil analisis data, diperoleh thitung untuk hasil belajar matematika diperoleh melalui perhitungan sebesar 3,841. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,672 dan hasil uji t dua arah menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan pengaruh yang signifikan dari pendekatan open-ended tersebut dan melalui hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata tes 72,27 nilai rata-rata tersebut lebih tinggi 18,87 dengan kelas kontrol yang nilai rata-rata tesnya sebesar 53,40. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung adalah sebesar 35,33%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII di MTsN 2 Tulungagung.