Penerapan Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-B MTs Al-Umron Bendosewu Kab.Blitar

Main Author: Mubarokah, Tri Lailatin
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/170/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/170/2/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/170/3/INTI.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/170/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Pemahaman , Pembelajaran Matematika Berorientasi Dalil Al-Qur’an, Himpunan Al-Qur’an merupakan sumber dari ilmu pengetahuan, baik masalah peribadatan maupun ilmu sains terkandung di dalamnya. Namun masih jarang yang mengetahui hal itu, mereka masih memahami Al-Qur’an adalah Kalam Alloh yang hanya membicarakan tentang keislaman. Atas dasar ini penelitian tentang penerapan pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an pada materi himpunan dilaksanakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana pembelajaran berorientasi dalil AL-Qur’an pada siswa kelas VII-B MTs AL-UMRON Bendosewu kab.Blitar diterapkan? (2)Bagaimana peningkatan yang diharapkan pada siswa setelah mempelajari matematika berborientasi dalil AL-Qur’an? Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi himpunan dengan pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an (2)Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara dan observasi. Tes dibagi menjadi dua, yaitu sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Wawancara digunakan untuk menggali data dari objek penelitian secara langsung. Observasi digunakan untuk mengamati objek secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berorientasi dalil Al-Qur’an mampu meningkatkan pemahaman siswa pada materi himpunan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah : 63,33 (sebelum diberi tindakan) menjadi 69 (siklus I) dan 74,25 (siklus II).