PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III B MIN KOLOMAYAN WONODADI BLITAR

Main Author: ZULFA, DESI IMATUL
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/1/COVER.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/3/BAB%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/4/BAB%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/5/BAB%20III.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/6/BAB%20IV.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/7/BAB%20V.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/8/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/9/Lampiran%201%20RPP%20Energi%20Siklus%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/10/Lampiran%202%20Soal%20Pre%20Test.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/11/Lampiran%203%20Rekapitulasi%20Hasil%20Pre%20Test.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/12/Lampiran%204%20Kartu%20Soal%20Talking%20Stick%20Siklus%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/13/Lampiran%205%20Post%20Test%20Siklus%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/14/Lampiran%206%20Rekapitulasi%20Hasil%20Post%20Test%20Siklus%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/15/Lampiran%207%20Format%20Observasi%20Aktivitas%20Peneliti%20Siklius%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/16/Lampiran%208%20Format%20Observasi%20Aktivitas%20Siswa%20Siklus%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/17/Lampiran%209%20Format%20Observasi%20Aktivitas%20Peneliti%20Pertemuan%20Ke%202.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/18/Lampiran%2010%20Format%20Observasi%20Aktivitas%20Siswa%20Pertemuan%20Ke%202.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/19/Lampiran%2011%20RPP%20Siklus%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/20/Lampiran%2012%20Kartu%20Soal%20Talking%20Stick%20Siklus%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/21/Lampiran%2013%20Post%20Test%20Siklus%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/22/Lampiran%2014%20Rekapitulasi%20Hasil%20Post%20Test%20Siklus%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/23/Lampiran%2015%20Format%20Observasi%20Aktivitas%20Peneliti%20Siklus%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/24/Lampiran%2016%20Format%20Observasi%20Aktivitas%20Siswa%20Siklus%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/25/Lampiran%2017%20Pedoman%20Wawancara%20Guru.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/26/Lampiran%2018%20Pedoman%20Wawancara%20Siswa.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/27/Lampiran%2019%20Dokumentasi%20Tindakan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/28/Lampiran%2020%20Lembar%20Validasi%20Siklus%20I.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/29/Lampiran%2021%20Lembar%20Validasi%20Siklus%20II.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/30/Lampiran%2022%20Rekapitulasi%20Hasil%20Belajar%20Siswa.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/31/Lampiran%2023%20Profil%20MIN%20KOLOMAYAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/32/Lampiran%2024%20Nama%20Siswa%20Kelas%20III%20B.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/33/Lampiran%2025%20Daftar%20Nilai%20Ulangan%20Siswa.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/34/Lampiran%2026%20Kartu%20Bimbingan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/35/Lampiran%2026%20Kartu%20Bimbingan%20fiks.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/36/Lampiran%2027%20Surat%20Pernyataan%20Keaslian%20Tulisan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/37/Lampiran%2028%20BIODATA%20PENULIS.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/38/Lampiran%2029%20SURAT%20KETERANGAN%20PENELITIAN.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/39/Lampiran%2029%20SURAT%20KETERANGAN%20PENELITIAN%20fiks.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/40/Lampiran%2030%20Surat%20Izin%20Penelitian.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/41/Lampiran%2031%20Laporan%20Selesai%20Bimbingan.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1678/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Desi Imatul Zulfa, NIM. 3217113022, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh.Arif, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil BelajaR IPA. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebakkan karena proses pembelajaran cenderung monoton, guru masih menggunakan metode-metode konvensional yaitu, ceramah, tanya jawab, penugasan dan mencatat. Kendali lain yang dialami yaitu kurangnya kepedulian orangtua siswa akan pentingnya belajar, Dengan demikian, peneliti mencoba menyelesaikan masalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Peneliti berharap dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, siswa lebih semangat untuk belajar dan siswa lebih mudah memahami materi sehingga hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas III B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan energi dan pengaruhnya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 71,74 (65,21%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 94,10 (90,90%) dan berada pada kriteria sangat baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III-B MIN Kolomayan Wonodadi Blitar.