Korelasi Antara Perilaku Keberagamaan dengan Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII dan VIII di SMPN 2 Pakel Tahun Ajaran 2013/2014

Main Author: Rahmawati, Yenik
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/153/1/Bagian%20Awal%282%29.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/153/2/BAB%20I%2C%20II%2C%20III%2C%20IV%2C%20V%2C%20Daftar%20Pustaka%2C%20Lampiran.pdf
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/153/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id
Daftar Isi:
  • Kata kunci : prestasi hasil belajar, perilaku Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena saat ini yang sering kali bahwa pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran Paendidikan Agama Islam dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam berperilaku sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah. Adanya perilaku buruk yang sering dilakukan oleh para siswa-siswi sekolah menengah pertama ketika berada di luar area sekolah maupun masih di dalam lingkup sekolah. Hal ini peneliti menghubungkan masalah tersebut dengan pemahaman siswa akan adanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang tentunya memberikan arahan untuk berperilaku baik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah prestasi hasil belajar mata pelajaran PAI dengan perilaku siswa di SMPN 2 Pakel Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran prestasi hasil belajar mata pelajaran PAI dan perilaku siswa di SMPN 2 Pakel? (2) Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar mata pelajaran PAI dengan perilaku tawadhu’ siswa di SMPN 2 Pakel? (3) adakah korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar mata pelajaran PAI dengan perilaku sabar siswa? (4) Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar mata pelajaran PAI dengan perilaku kerja keras siswa di SMPN 2 Pakel? Pola penelitian: penelitian pendidikan, penelitian deskriptif dan penelitian korelasional. Populasi: seluruh siswa kelas VII dan VIII di SMPN 2 Pakel semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 310 siswa. Sampling: Sampel Random Sampling. Sampel: 40 siswa. Variabel bebas: Perilaku siswa, (dengan sub variabel: Perilaku tawadhu’, Perilaku sabar, Perilaku kerja keras), Variabel terikat: Prestasi hasil belajar Mata Pelajaran PAI siswa . Sumber data: responden, dokumentasi. Metode pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: data teoritis menggunakan metode deduktif dan komparatif, dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus Product-Moment, Alpha (Cronbach), uji Kolmogorof- Smirnov dan Uji Levene. Hasil penelitian: 1. Gambaran secara umum prestasi hasil belajar PAI dan perilaku siswa/siswi di SMPN 2 Pakel pada kategori rata-rata, sehingga kedua hal ini berkorelasi, 2. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar dengan perilaku tawadhu’ siswa di SMPN 2 Pakel Tulungagung, 3. Tidak ada korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar dengan xvi perilaku sabar siswa di SMPN 2 Pakel Tulungagung, 4. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar dengan perilaku siswa di SMPN 2 Pakel Tulungagung.