ctrlnum 1373
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/</relation><title>Upaya Guru Al-Quran Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung</title><creator>M. ROFIQ, MUSTAWA</creator><subject>Pendidikan Isl&#xE0;m</subject><description>Kata kunci:Minat belajar, Membaca Al-Quran&#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru Al-Quran hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti membaca Al-Quran.&#xD; Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)bagaimana Upaya guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. (2) Faktor pendukung guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3) Faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?&#xD; Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur&#x2019;an di MTsN Ngantru Tulungagung.(2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru Al-Qur&#x2019;an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur&#x2019;an di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung&#xD; Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu: orang, meliputi kepala madrasah dan guru al-Qur&#x2019;an hadits, tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan. &#xD; Setelah penulis mengadakan penelitian dangan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun upaya guru Al-Quran hadits dalam menmbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru meliputi melalui pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada beberapa faktor pendukung guru Al-Quran hadits Dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru yaitu; Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur&#x2019;an (3) faktor penghambatnya, Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur&#x2019;an, Lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca Al-Qur&#x2019;an.</description><date>2010</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/1/BAB%201.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/2/BAB%202.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/3/BAB%203.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/4/BAB%204.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/5/BAB%205.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/6/daftar%20pustaka.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/7/SAMPUL.doc</identifier><identifier> M. ROFIQ, MUSTAWA (2010) Upaya Guru Al-Quran Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>1373</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author M. ROFIQ, MUSTAWA
title Upaya Guru Al-Quran Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung
publishDate 2010
topic Pendidikan Islàm
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/1/BAB%201.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/2/BAB%202.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/3/BAB%203.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/4/BAB%204.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/5/BAB%205.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/6/daftar%20pustaka.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/7/SAMPUL.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1373/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
contents Kata kunci:Minat belajar, Membaca Al-Quran Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman.Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya guru Al-Quran hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti membaca Al-Quran. Yang menjadi fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; (1)bagaimana Upaya guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung. (2) Faktor pendukung guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung?. (3) Faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung.(2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Ngantru Tulungagung. (3) untuk mengetahui faktor penghambat guru Al-Quran hadits dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru Tulungagung Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu: orang, meliputi kepala madrasah dan guru al-Qur’an hadits, tempat, paper/dokumen yaitu berupa catatan-catatan atau arsip. Prosedur pengumpulan data meliputi: metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah penulis mengadakan penelitian dangan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa (1) adapun upaya guru Al-Quran hadits dalam menmbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru meliputi melalui pembiasaan, Pemberian Point/Nilai, serta adanya bimbingan. (2) Ada beberapa faktor pendukung guru Al-Quran hadits Dalam menumbuhkan minat belajar membaca Al-Quran di MTsN Ngantru yaitu; Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an (3) faktor penghambatnya, Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, Lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca Al-Qur’an.
id IOS7171.1373
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:43Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:46Z
recordtype dc
_version_ 1674713354319429632
score 17.538404