Daftar Isi:
  • Kata kunci : Korelasi, Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Prestasi Belajar. Latar Belakang Masalah: Guru sebagai salah satu faktor yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu untuk menigkatkan kualitas pendidikan maka guru juga harus professional. Keprofesionalan itu ditunjang salah satunya oleh keterampilan dasar mengajar. Sebagaimana tenaga professional lainnya. Melihat prestasi belajar siswa dalam mapel Qur’an Hadits yang baik di M.A Terpadu Al-Anwar, maka penulis ingin meneliti lebih lanjut apakah terdapat hubungan antara keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh guru dengan prestasi belajar siswa. Rumusan Masalah: 1. Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam bertanya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan? 2. Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam memberikan reinforcement dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan?, 3. Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam membuka dan menutup pelajaran dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan?, 4. Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam memberikan variasi stimulus dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan?, 5. Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam mengelola kelas dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan?, 6. Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan? Metode Penelitian: 1. Jenis Penelitian: penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif; 2. Populasi: siswa kelas X dan XI semester genap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 138; 3. Sampling: stratified proportional random sampling (teknik sampling acak berstrata secara proporsional); 4. Sampel: 100 siswa; 5. Sumber data: person (sumber data berupa orang), place (sumber data berupa tempat), paper (sumber data berupa simbol); 6. Variabel bebas: KDM guru dalam bertanya, KDM guru dalam memberikan reinforcement , KDM guru dalam membuka dan menutup pelajaran, KDM guru dalam memberikan variasi stimulus, KDM guru dalam mengelola kelas, KDM guru. Variabel terikat: prestasi belajar Qur’an Hadits; 7. Metode Pengumpulan Data: angket, observasi, wawancara, dokumentasi; 8. Analisis Data: korelasi koefisien kontingensi. Hasil Penelitian: 1. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam bertanya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan, 2. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam memberikan reinforcement dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan, 3. Tidak ada korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam membuka dan menutup pelajaran dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan, 4. Tidak ada korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam memberikan variasi stimulus dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan, 5. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dalam mengelola kelas dengan prestasi siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan, 6. Ada korelasi yang positif dan signifikan antara KDM guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MA Terpadu Al-Anwar Durenan.