ctrlnum 1144
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/</relation><title>Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010</title><creator>Wahyu Pratiwi, Fika</creator><subject>Pendidikan Isl&#xE0;m</subject><description>Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih ditemukan banyak dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari yang belum dapat membaca atau melafalkan huruf Arab apalagi menghafal dan menulis huruf Arab dengan baik dan benar padahal itu semua berada dalam materi pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits. Penulis dapat menyimpulkan demikian, karena penulis melaksanakan kegiatan PPL di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari dan menjumpai banyak siswa-siswi yang belum dapat membaca dan melafalkan huruf Arab.&#xD; Rumusan masalah dalam penulisam skripsi ini adalah (1) Bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung g. (3) Untuk mengetahui bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.&#xD; Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang diterima di bangku kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa, dan mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui implementasi metode drill mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.&#xD; Dalam penelitian ini digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang persiapan, pelaksanaan dan penilaian implementasi metode drill pada mata pelajaran Al Qur&#x2019;an Hadist di MTsN Pulosari yang digunakan sebagai hasil penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah berdirinya lembaga pendidikan, letak geografis lembaga pendidikan, keadaan tenaga pengajar, struktur organisasi, dan keadaan murid.&#xD; Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa teknik diatas, maka hasil dari penelitian dapat disimpulkan (1) persiapan dalam pengajaran Al Qur&#x2019;an Hadits sangat penting khususnya penguasaan terhadap metode pembelajarannya. Salah satu metode yang dipergunakan adalah metode drill (latihan siap). Metode drill (latihan siap) adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan jalan melatih siswa agar menguasai pelajaran dan terampil. Adapun persiapan dalam penggunaan metode drill ini adalah penyajian materi harus terencana dalam bentuk program persiapan, merumuskan tujuan khusus yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat yang diperlukan, mengatur tempat, mengadakan percobaan terlebih dahulu sebelum metode ini dilaksanakan. (2) Pelaksanaan metode drill secara terperinci kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode ini dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut : (a) Siswa diberikan penjelesan tentang materi, (b) Guru merangkumkan materi, (c) Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, (d) Guru bersama siswa mengulangi materi yang baru dibahas. (d) Untuk pertemuan selanjutnya siswa diberi tugas untuk menghafalkan. (3) Penilaian metode drill menekankan pada pemahaman materi serta penghafalannya. Misalkan : siswa memahami suatu teks bacaan al Qur&#x2019;an beserta artinya, pembacaan teks dengan benar, dan penghafalannya. Guru juga memberikan evaluasi ulang serta membimbing siswa yang belum mampu melaksanakan tugas yang diberikan.</description><date>2010</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/1/BAB%201%20FIK.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/2/BAB%202%20FIK.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/3/BAB%203%20FIK.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/4/Bab%204.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/5/Bab%205.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/6/daftar%20pustaka.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/7/halaman%20depan%20sampul.doc</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/8/halaman%20depan.doc</identifier><identifier> Wahyu Pratiwi, Fika (2010) Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadits Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>1144</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Wahyu Pratiwi, Fika
title Implementasi Metode Drill Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas VIII Semester II MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010
publishDate 2010
topic Pendidikan Islàm
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/1/BAB%201%20FIK.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/2/BAB%202%20FIK.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/3/BAB%203%20FIK.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/4/Bab%204.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/5/Bab%205.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/6/daftar%20pustaka.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/7/halaman%20depan%20sampul.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/8/halaman%20depan.doc
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1144/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
contents Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kenyataan masih ditemukan banyak dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari yang belum dapat membaca atau melafalkan huruf Arab apalagi menghafal dan menulis huruf Arab dengan baik dan benar padahal itu semua berada dalam materi pelajaran al-Qur’an Hadits. Penulis dapat menyimpulkan demikian, karena penulis melaksanakan kegiatan PPL di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pulosari dan menjumpai banyak siswa-siswi yang belum dapat membaca dan melafalkan huruf Arab. Rumusan masalah dalam penulisam skripsi ini adalah (1) Bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana persiapan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung g. (3) Untuk mengetahui bagaimana penilaian implementasi Metode Drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang diterima di bangku kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa, dan mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui implementasi metode drill mata pelajaran al-Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTsN Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang persiapan, pelaksanaan dan penilaian implementasi metode drill pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MTsN Pulosari yang digunakan sebagai hasil penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah berdirinya lembaga pendidikan, letak geografis lembaga pendidikan, keadaan tenaga pengajar, struktur organisasi, dan keadaan murid. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa teknik diatas, maka hasil dari penelitian dapat disimpulkan (1) persiapan dalam pengajaran Al Qur’an Hadits sangat penting khususnya penguasaan terhadap metode pembelajarannya. Salah satu metode yang dipergunakan adalah metode drill (latihan siap). Metode drill (latihan siap) adalah suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan jalan melatih siswa agar menguasai pelajaran dan terampil. Adapun persiapan dalam penggunaan metode drill ini adalah penyajian materi harus terencana dalam bentuk program persiapan, merumuskan tujuan khusus yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat yang diperlukan, mengatur tempat, mengadakan percobaan terlebih dahulu sebelum metode ini dilaksanakan. (2) Pelaksanaan metode drill secara terperinci kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode ini dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut : (a) Siswa diberikan penjelesan tentang materi, (b) Guru merangkumkan materi, (c) Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, (d) Guru bersama siswa mengulangi materi yang baru dibahas. (d) Untuk pertemuan selanjutnya siswa diberi tugas untuk menghafalkan. (3) Penilaian metode drill menekankan pada pemahaman materi serta penghafalannya. Misalkan : siswa memahami suatu teks bacaan al Qur’an beserta artinya, pembacaan teks dengan benar, dan penghafalannya. Guru juga memberikan evaluasi ulang serta membimbing siswa yang belum mampu melaksanakan tugas yang diberikan.
id IOS7171.1144
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:41Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:44Z
recordtype dc
_version_ 1674713352775925760
score 17.538404