ctrlnum 1012
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/</relation><title>Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maftahul Ulum Karangsono-01 Kanigoro Blitar</title><creator>Nur Fariha, Agustin</creator><subject>Pendidikan Isl&#xE0;m</subject><description>Kata Kunci: Al-Qur&#x2019;an, Baca Tulis, Upaya Guru meningkatkan kemampuan&#xD; &#xD; Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini, yang dihadapkan pada tantangan Zaman. Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti Membaca dan menulis Al-Qur&#x2019;an, Sholat berjama&#x2019;ah, Puasa, Zakat, dll.&#xD; Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 2). Faktor Pendukung Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 3). Faktor Penghambat Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar.&#xD; Adapun yang menjadi Tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1). Untuk mengetahui Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuana Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 2). Untuk mengetahui Faktor Pendukung Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 3). Untuk mengetahui Faktor Penghambat Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar.&#xD; Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu : Orang, meliputi Kepala Madrasah dan Guru Al-Qur&#x2019;an Hadits, tempat, paper/ dokumen yaitu berupa catatan-catatan/ arsip. Prosedur pengumpulan data, meliputi metode, observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan.&#xD; Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa 1). Adapun Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar meliputi melalui pembiasaan, pemberian point/ nilai serta adanya bimbingan, 2). Ada beberapa faktor pendukung Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa di MI Maftahul Ulum Karangsono-01 Kanigoro Blitar, yaitu : Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur&#x2019;an, 3). Faktor Penghambatnya, kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca dan menulis Al-Qur&#x2019;an, Lingkungan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orangtua untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur&#x2019;an.</description><date>2012</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/1/01_Halaman%20Sampul.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/2/02_Bagian%20Awal.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/3/03_BAB.%20I.%20Pendahuluan.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/4/04_BAB%20II.%20Kajian%20Pustaka.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/5/05_BAB%20III.Metode%20penelitian.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/6/06_BAB%20IV.%20Paparan%20Hasil%20Penelitian.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/7/07_BAB.%20V.%20Penutup.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/8/08_DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><identifier> Nur Fariha, Agustin (2012) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur&#x2019;an Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maftahul Ulum Karangsono-01 Kanigoro Blitar. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>1012</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Nur Fariha, Agustin
title Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maftahul Ulum Karangsono-01 Kanigoro Blitar
publishDate 2012
topic Pendidikan Islàm
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/1/01_Halaman%20Sampul.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/2/02_Bagian%20Awal.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/3/03_BAB.%20I.%20Pendahuluan.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/4/04_BAB%20II.%20Kajian%20Pustaka.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/5/05_BAB%20III.Metode%20penelitian.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/6/06_BAB%20IV.%20Paparan%20Hasil%20Penelitian.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/7/07_BAB.%20V.%20Penutup.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/8/08_DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1012/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
contents Kata Kunci: Al-Qur’an, Baca Tulis, Upaya Guru meningkatkan kemampuan Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini, yang dihadapkan pada tantangan Zaman. Dalam menghadapi tantangan tersebut seorang guru khususnya Guru Al-Qur’an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mendorong siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti Membaca dan menulis Al-Qur’an, Sholat berjama’ah, Puasa, Zakat, dll. Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 2). Faktor Pendukung Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 3). Faktor Penghambat Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar. Adapun yang menjadi Tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1). Untuk mengetahui Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuana Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 2). Untuk mengetahui Faktor Pendukung Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar, 3). Untuk mengetahui Faktor Penghambat Guru dalam dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar. Adapun metode penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu : Orang, meliputi Kepala Madrasah dan Guru Al-Qur’an Hadits, tempat, paper/ dokumen yaitu berupa catatan-catatan/ arsip. Prosedur pengumpulan data, meliputi metode, observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode diatas memperoleh hasil bahwa 1). Adapun Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum karangsono-01 Kanigoro Blitar meliputi melalui pembiasaan, pemberian point/ nilai serta adanya bimbingan, 2). Ada beberapa faktor pendukung Guru dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Maftahul Ulum Karangsono-01 Kanigoro Blitar, yaitu : Adanya minat dari anak didik, fasilitas yang memadai, pelajaran tilawatil Qur’an, 3). Faktor Penghambatnya, kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca dan menulis Al-Qur’an, Lingkungan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orangtua untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur’an.
id IOS7171.1012
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:40Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:43Z
recordtype dc
_version_ 1674713352007319552
score 17.538404