Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek

Main Author: Agustina, Nunik Dita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Thesis
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/1/2%20Bab%201%2C2%2C3%2C4%20dan%205.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/2/1%20Cover.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
ctrlnum 1007
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/</relation><title>Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek</title><creator>Agustina, Nunik Dita</creator><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Latar belakang: Seringkali guru tidak memperhatikan metode dalam mengajar sehingga membuat proses pembelajaran yang di lakukan tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan. Hal ini berimbas pada prestasi belajar peserta didik yang kurang maksimal. Mata pelajaran IPA merupakan pelajaran yang menawarkan kepada kita untuk dapat memahami kejadian, fenomena, dan keragaman yang terdapat di alam semesta, dan juga memberikan pemahaman bagaimana caranya kita dapat hidup dengan cara menyesuaikan diri dengan hal-hal tersebut, jadi dalam mengajarkan pelajaran IPA khususnya materi gerak benda guru di tuntut untuk bisa membantu para peserta didik agar dapat memahami suatu materi pelajaran dengan cara memperlihatkan atau mempraktekkan secara langsung kejadian atau hal-hal yang terdapat di dalam materi tersebut. Dengan menggunakan metode demonstrasi di harapkan guru mampu menyajikan pelajaran IPA sesuai karakteristiknya sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA secara mendalam.&#xD; Rumusan Masalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (4) Apa saja upaya-upaya guru dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek?.&#xD; &#xD; Tujuan penelitian: (1) Mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (2) Mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (3) Mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (4) Mendiskripsikan upaya-upaya guru dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek.&#xD; &#xD; Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu metode pemberian tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).&#xD; Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Adapun rata-rata keaktifan peserta didik mulai dari 33,3% menjadi 100% sedangkan prestasi belajarnya dari 66,66% menjadi 85,55%. Dalam menerapkan metode demonstrasi guru (peneliti) juga melibatkan peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan metode ini di kelas. Sehingga peserta didik akan bisa lebih cepat memahami karena terlibat langsung dan memperagakan langsung dan tidak hanya sebagai penonton. Dengan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran ini menunjukkan bahwa peserta didik telah mengikuti pembelajaran dengan aktif.</description><date>2012</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/1/2%20Bab%201%2C2%2C3%2C4%20dan%205.docx</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/2/1%20Cover.docx</identifier><identifier> Agustina, Nunik Dita (2012) Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. [ Skripsi ] </identifier><relation>http://repo.iain-tulungagung.ac.id/</relation><recordID>1007</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Thesis
author Agustina, Nunik Dita
title Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek
publishDate 2012
topic Pendidikan Dasar
url http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/1/2%20Bab%201%2C2%2C3%2C4%20dan%205.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/2/1%20Cover.docx
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/1007/
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/
contents Latar belakang: Seringkali guru tidak memperhatikan metode dalam mengajar sehingga membuat proses pembelajaran yang di lakukan tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan. Hal ini berimbas pada prestasi belajar peserta didik yang kurang maksimal. Mata pelajaran IPA merupakan pelajaran yang menawarkan kepada kita untuk dapat memahami kejadian, fenomena, dan keragaman yang terdapat di alam semesta, dan juga memberikan pemahaman bagaimana caranya kita dapat hidup dengan cara menyesuaikan diri dengan hal-hal tersebut, jadi dalam mengajarkan pelajaran IPA khususnya materi gerak benda guru di tuntut untuk bisa membantu para peserta didik agar dapat memahami suatu materi pelajaran dengan cara memperlihatkan atau mempraktekkan secara langsung kejadian atau hal-hal yang terdapat di dalam materi tersebut. Dengan menggunakan metode demonstrasi di harapkan guru mampu menyajikan pelajaran IPA sesuai karakteristiknya sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA secara mendalam. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (3) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek? (4) Apa saja upaya-upaya guru dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek?. Tujuan penelitian: (1) Mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (2) Mendiskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (3) Mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. (4) Mendiskripsikan upaya-upaya guru dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi gerak benda peserta didik kelas IIIB Madrasah Ibtidaiyah Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek. Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu metode pemberian tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gerak benda mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Adapun rata-rata keaktifan peserta didik mulai dari 33,3% menjadi 100% sedangkan prestasi belajarnya dari 66,66% menjadi 85,55%. Dalam menerapkan metode demonstrasi guru (peneliti) juga melibatkan peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan metode ini di kelas. Sehingga peserta didik akan bisa lebih cepat memahami karena terlibat langsung dan memperagakan langsung dan tidak hanya sebagai penonton. Dengan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran ini menunjukkan bahwa peserta didik telah mengikuti pembelajaran dengan aktif.
id IOS7171.1007
institution IAIN Tulungagung
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 3120
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan IAIN Tulungagung
library_id 2406
collection Institutional Repository of IAIN Tulungagung
repository_id 7171
city TULUNGAGUNG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7171
first_indexed 2019-05-17T02:01:39Z
last_indexed 2020-08-11T07:23:42Z
recordtype dc
_version_ 1674713351976910848
score 17.538404