KONDISI BUKU BAHASA INDONESIA KELAS X SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS

Main Author: Mutiarazani, Eka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Hasta Wiyata , 2018
Subjects:
Online Access: https://hastawiyata.ub.ac.id/index.php/hastawiyata/article/view/13
https://hastawiyata.ub.ac.id/index.php/hastawiyata/article/view/13/12
Daftar Isi:
  • Materi pembelajaran merupakan salah satu dari tiga kelompok besar fasilitas belajar. Materi pembelajaran disampaikan melalui alat peraga dan buku teks pembelajaran. Ada komponen-komponen dasar yang harus dipenuhi agar buku teks dapat menunjang pembelajaran dengan baik, yakni (1) kelayakan isi, (2) kelayakan penyajian, (3) kelayakan keterbacaan, (4) kelayakan kegrafikaan, dan (5) kelayakan keamanan. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang belum memenuhi kriteria tersebut. Untuk memperbaiki buku teks yang kurang sesuai dengan kriteria, ada empat upaya, yakni (1) motivasi atau kemauan guru mata pelajaran untuk menulis buku teks pelajaran, (2) perlu upaya guru untuk mengadaptasi isi buku teks berdasarkan kemampuan dan kebutuhan siswa, (3) penyusun buku teks harus memegang kunci utama dari kurikulum 2013 seperti pendekatan yang digunakan, materi yang disajikan, literasi, porsi sastra serta bahasa, dan (4) jika pemerintah memang menginginkan untuk membuat buku teks bagi seluruh siswa di Indonesia, sebaiknya membuat tiga versi buku disesuaikan dengan wilayah di Indonesia agar lebih tepat sasaran.