PENGEMBANGAN STRATEGI LEADERSHIP PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: abadi, machrus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Hasta Wiyata , 2018
Subjects:
Online Access: https://hastawiyata.ub.ac.id/index.php/hastawiyata/article/view/12
https://hastawiyata.ub.ac.id/index.php/hastawiyata/article/view/12/11
Daftar Isi:
  • Pokok permasalahan dalam pembelajaran membaca adalah bagaimana memilih dan menggunakan strategi belajar. Strategi belajar merupakan alat interaksi di dalam proses belajar yang digunakan harus menimbulkan aktivitas belajar yang baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat secara maksimal Strategi leadership pembelajaran membaca permulaan adalah strategi pembelajaran yang mengunakan gaya kepemimpinan dikembangkan dengan pendekatan konstruktivis yang menggabungkan kooperatif learning dan kontekstual dalam pengajarannya.Strategi leadership pembelajaran membaca permulaan menggabungkan pembelajaran kelompok kecil dan modeling. Diharapkan dari strategi leadership pembelajaran membaca permulaan ini dapat membantu pemerataan pembelajaran siswa lewat kelompok kecil dan dapat mengatasi permasalahan pembelajaran membaca permulaan di lapangan.Tujuan penelitian menghasilkan produk berupa strategi leadership sebagai variasi baru strategi pembelajaran membaca permulaan yang dikemas dalam sebuah panduan pelaksanaan strategi. Yaitu mengembangkan konsep strategi leadership, langkah-langkah, kesesuaian strategi leadership dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan siswa kelas I SD.