Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar

Main Authors: Sari, Lifda, Firman, Firman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2019
Subjects:
Online Access: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/64
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/64/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan utama mengembangkan model pendidikan karakter yang terintegrasi dengan pembelajaran IPA di SD. Penelitian difokuskan pada studi analisis kebutuhan dengan melibatkan 40 orang guru SD, untuk menggali informasi tentang pembelajaran IPA dalam kaitannya dengan pendidikan karakter. Data dikumpulkan dengan kuesioner, pedoman observasi dan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan diberi makna kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan karakter dapat dikembangkan melalui pemilihan model pembelajaran IPA, pemilihan model asesmen, dan pemilihan materi ajar; 2) Model pembelajaran IPA yang berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan karakter siswa adalah model pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif, pemecahan masalah, dan model pembelajaran kontekstual; 3) Respon para guru terhadap pendidikan karakter pada umumnya sangat positif dan berupaya untuk mengembangkan karakter yang baik melalui proses pembelajaran; 4) Sebagian (55,3%) guru mencantumkan indikator nilai-nilai karakter yang dijadikan target pembelajaran dalam silabus maupun RPP, dan sebagian lagi (44,7%) tidak mencantumkan secara eksplisit, namun secara implisit tersirat dalam silabus maupun RPP.