PENGARUH BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU TERHADAP PENCEGAHAN BULLYING DI SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Safitri, Ida, Firman, Firman, Neviyarni, Neviyarni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/59 https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/59/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan bahan ajar tematik terpadu terhadap pencegahan bullying siswa kelas IV SDN 20 Indarung melalui tes hasil belajar, metode peneltian yang digunakan adalah eksperimen dengan disain pra eksperimen dengan satu kelompok pre-test dan desain post-test. Subjek penelitian adalah 28 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan . Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa pada tes akhir pada sub tema indahnya keragaman negeriku, dari hasil yang diperoleh didapatkan informasi bahwa penggunaan bahan ajar tematik terpadu berpengaruh terhadap pencegahan bullying siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pembelajaran siswa hasil dari 73,28. Hasil hipotesis (uji-t) diperoleh t hitung 9,23 dengan db = 28 -1 =27 dengan taraf signifikan (α) = 5% diperoleh ttabel sama dengan 1,703 Karena t hitung sama dengan 9,23 > ttabel sama dengan 1,703 maka hipotesis yang dinyatakan diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar tematik terpadu berpengaruh terhadap pencegahan bullying di IV SD.