PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SD

Main Authors: Syupriyanti, Lisa, Firman, Firman, Neviyarni, Neviyarni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2019
Subjects:
CTL
Online Access: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/54
https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/54/pdf_1
Daftar Isi:
  • Tujuan – untuk membuktikan adanya pengaruh media audio visual interaktif dengan menggunakan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD. Metodologi – penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini ialah Kelas V SD. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Uji hipotesis pada penelitian ini ialah dengan menggunakan rumus t-test. Hasil – berdasarkan perhitungan uji t (t-test) pada post test diperoleh thitung (2,7689) > ttabel (1,9977). Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi – Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif media audio visual interaktif dengan menggunakan pendekatan CTL terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD