Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak TK Kelompok B

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Langsa , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/1754
http://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/atfaluna/article/view/1754/1207
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was to determine the effect of colouring pictures on the fine motor skills of children in Group B of TK Negeri Pembina Labuan, with a sample of 17 children enrolled in the 2018/2019 school year. The indicators observed were speed, strength and accuracy. The results of the study are there are effects of colouring pictures on children's fine motor skills through the application of one-group pretest-posttest design, as evidenced by the development of fine motoric children from an average of 19.6% before treatment to 27.44% after treatment for the Very Developing category Good, from 25.48% to 27.44% the Developing Category Appropriate As Expected, from 23.52% to 29.40% the Start Developing category, and from 31.37% to 15.68% the Not Developing category. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an influence of the activity of colouring pictures on the fine motor skills of children in Group B of TK Negeri Pembina Labuan.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mewarnai gambar terhadap keterampilan motorik halus anak kelompok B TK Negeri Pembina Labuan, dengan sampel sebanyak 17 anak yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Indikator yang diamati adalah kecepatan, kekuatan dan ketepatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap keterampilan motorik halus anak melalui penerapan one group pretest-posttest design, dibuktikan dengan perkembangan motorik halus anak dari rata-rata 19,6% sebelum perlakuan menjadi 27,44% setelah perlakuan. Perlakuan untuk kategori Sangat Berkembang Baik, dari 25,48% menjadi 27,44% Kategori Berkembang Sesuai Harapan, dari 23,52% menjadi 29,40% kategori Mulai Berkembang, dan dari 31,37% menjadi 15,68% kategori Tidak Berkembang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas mewarnai gambar terhadap keterampilan motorik halus anak kelompok B TK Negeri Pembina Labuan.