Daftar Isi:
  • Anak Down Syndrome memiliki keadaan emosi yang cenderung tidak stabil. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah terapi, salah satunya terapi musik. Musik tidak hanya berperan sebagai hiburan, tetapi juga memiliki fungsi terapuetik yang digunakan dalam terapi musik. Penelitian ini memiliki rumusan masalah bagaimana terapi musik diterapkan sebagai stimulus terhadap emosi anak Down Syndrome, dengan tujuan untuk mengetahui, melihat serta mendeskripsikan proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Sumber data diambil dari buku, jurnal, video dan wawancara yang dilakukan secara langsung maupun online terhadap terapis musik, musisi sekaligus pemerhati Down Syndrome dan psikolog. Hasil penelitian menunjukkan tentang bagaimana musik dapat menjadi sebuah stimulus ketika ditangkap oleh telinga dan menghasilkan respon berupa emosi, dijelaskan oleh beberapa teori dalam tulisan ini. Terapis musik memanfaatkan bunyi yang dihasilkan dari alat musik yang dikemas menjadi sebuah musik untuk diterapkan kepada klien dalam sesi terapi musik. Melalui metode, model, proses dan langkah-langkah terapi musik yang telah diterapkan, diharapkan klien menunjukkan progres yang diperlihatkan melalui emosinya. Efektivitas terapi musik juga didukung oleh beberapa faktor lain. Children with Down Syndrome has unstable emotion. Therefore, children with DS needs to be treated through therapies, one of them is music therapy. Music is not only used as an entertainment, but also has therapeutic effects in music therapy. This research tells a core issue about music therapy is applied as a stimulus in children Down Syndrome’s emotional state, which intend to seek and describe the process of music therapy. This research using a literature study. Books, journal, videos, and interviews with music therapist, musician and Down Syndrome’s observer, and psychologist are the resources that writer use for this research. The result of this research showed that music has a therapeutic effects aside as an entertainment. This research focus on music used as therapeutic for children with DS, that is, if music therapy applied on children with DS can be a stimulus that will produce emotional responses. About how music can be a stimulus when captured by ear and give emotional responses, explained theriotically in this paper. Music therapy utilize sound from the instruments that has been processed into a music to be applied for music therapy. Through methods, models, process, and music therapy steps that has been applied, client is expected to show their progress through emotions. The effectiveness of music therapy is also supported by another factors.