PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING UNTUK MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Main Author: | MEDINA PRASETYANTI DEWI, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/9651/2/COVER.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/1/BAB%201.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/3/BAB%202.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/4/BAB%203.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/5/BAB%204.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/6/BAB%205.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/8/LAMPIRAN.pdf http://repository.unj.ac.id/9651/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu prototype Blended Learning beserta dengan media penunjang untuk Mata Kuliah Media Pembelajaran di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Model yang digunakan dalam melakukan pengembangan ini adalah Model Integrative Learning Design Framework (ILDF) yang memiliki tiga tahap yaitu: Exploration, Enactment, dan Evaluation dan menggabungkan dengan Model PEDATI pada tahap Enactment. Evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah expert review dan evaluasi pengguna one-to-one. Hasil review oleh ahli Materi diperoleh nilai 3,1 (baik), ahli desain pembelajaran 3,8 (sangat baik), dan ahli media 2,9 (baik). Kemudian pada evaluasi pengguna one-to-one memperoleh nilai 3,18 yang berarti baik. Berdasarkan prosedur tahapan mengembangkan blended learning serta uji coba yang telah dilakukan, maka dapat dinyatakan bahwa blended learning untuk Mata Kuliah Media Pembelajaran di Program Studi Teknologi Pendidikan yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan dapat digunakan untuk program pembelajaran blended Mata Kuliah Media Pembelajaran di Program Studi Teknologi Pendidikan. This development aims to produce Blended Learning prototype along with supporting media for learning Media courses in the Education Technology study Program of Universitas Negeri Jakarta. The model used in the development of Blended Learning is a Model Integrative Learning Design Framework (ILDF) which has three phases: Exploration, Enactment, and Evaluation and combines with PEDATI Model at the Enactment stage. The evaluation used in this research is expert review and evaluation of one-to-one users. Review results by expert materials acquired value 3.1 (good), learning design Expert 3.8 (very good), and media expert 2.9 (well). Then the evaluation of one-to-one users obtained a value of 3.18 which means good. Based on the stage procedure to develop blended learning and trials that have been done, it can be stated that blended learning for learning Media courses in education technology Program developed has good quality and can be used for the learning program blended subjects learning courses in education technology courses.