Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi untuk mengetahui secara mendalam mengenai bentuk aktlivitas, proses, penerapan, dan faktor yang mempengaruhi pengembangan kemampuan membaca ujaran dalam pembelajaran bahasa pada siswa tunarungu di kelas TK 1A. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan sumber data atau informan dalam penelitian ini yaitu; guru kelas, guru bina wicara, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengembangan kemampuan membaca ujaran dalam pembelajaran bahasa menerapkan dua bentuk aktivitas yaitu klasikal dan individual. Guru membuat perencanaan membaca ujaran setelah mendapat kosakata baru dari percakapan visualisasi, dengan penerapan kemampuan membaca ujaran yang dilakukan yaitu membaca ujaran kosakata, membaca ujaran kelompok kata, membaca ujaran out view, sehingga terdapat faktor yang mempengaruhi pengembangan kemampuan membaca ujaran dalam pembelajaran bahasa. Kata kunci: Siswa Tunarungu, Membaca Ujaran This research aims to obtain data and information to find out in depth form of activitiy, process, application, and factors affecting the development of lip reading skills in language learning for deaf students in Kindergarten Class 1A. The method used in this research is descriptive qualitative with the source data in this research is; class teacher, speech therapy teacher, and headmaster. Data collection methods used in this research are interviews and documentations. The results of this research indicate that, the development of lip reading skills in language learning has implemented two forms activities are classical and individual. The teacher makes plans to lip reading activities after getting a new vocabulary from visualization conversation, with activities of lip reading skills are implemented in the form of vocabulary reading, words or sentences lip reading, and out view lip reading, so that there is a factors that affected the development of lip reading skills in language learning. Key words: deaf students, lip reading