PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMK KEMALA BHAYANGKARI 1 JAKARTA TIMUR
Daftar Isi:
- ABSTRAK Muhammad Meidiansyah, Drs. Irzan Zakir, M.Pd. 2020. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Semester Ganjil di SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur. Jakarta: Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penulisan komprehensif ini bertujuan untuk memberikan suatu perencanaan di dalam pembelajaran melalui pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 revisi 2018. Dalam penyusunan ini, tahapan yang dilakukan yaitu pertama menganalisis silabus, yang dimana didalam menganalisis silabus terdapat beberapa yang harus dilakukan yaitu menentukan kompetensi dasar, merumuskan indikator pencapaian kompetensi (IPK), mengidentifikasi materi pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, menetapkan jenis penilaian, menentukan alokasi waktu serta sumber belajar. Setelah melakukan analisis silabus, tahap selanjutnya yaitu membuat RPP yang dimana didalam perlu dilakukan yaitu menentukan indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran, menyusun skenario kegiatan pembelajaran, serta menentukan teknik penilaian dalam pembelajaran. Pada tahap penyusunan RPP, model pembelajaran yang digunakan adalah Inquiry Learning dengan pendekatan saintifik serta dengan metode pembelajaran daring dengan strategi COVID-19. Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Instalasi Penerangan Listrik ABSTRACK Muhammad Meidiansyah, Drs. Irzan Zakir, M.Pd. 2020. Learning Planning for Electrical Lighting Installation Subject for Class XI Odd Semester at SMK Kemala Bhayangkari 1, East Jakarta. Jakarta: Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, Jakarta State University. This comprehensive writing aims to provide a planning in learning through making a Learning Implementation Plan in accordance with the 2013 revision of the 2018 curriculum.In this preparation, the steps taken are first to analyze the syllabus, where in analyzing the syllabus there are several things that must be done, namely determining basic competencies, formulate competency achievement indicators (GPA), identify learning materials, develop learning activities, determine types of assessments, determine time allocations and learning resources. After conducting the syllabus analysis, the next step is to make a lesson plan which needs to be done, namely determining the competency achievement indicators (GPA), learning objectives, learning methods, learning models, learning media, compiling scenarios of learning activities, and determining assessment techniques in learning. At the RPP preparation stage, the learning model used is Inquiry Learning with a scientific approach and online learning methods with the COVID-19 strategy. Keywords: lesson planning, lesson plan, electric lighting installation