ctrlnum 9262
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/9262/</relation><title>ANALISIS KEANDALAN PENYULANG 20 KV BERDASARKAN SAIDI DAN SAIFI (STUDI KASUS DI PT. PLN (PERSERO) UID JAKARTA RAYA UP3 MENTENG TAHUN 2019)</title><creator>IMAM WAHYUDI, .</creator><subject>Teknologi (umum)</subject><subject>Teknik Elektronika</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keandalan penyulang 20 kV pada tahun 2019 di UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Menteng meliputi frekuensi pemadaman (nilai SAIFI) dan durasi lama pemadaman (nilai SAIDI) dibandingkan dengan standar indeks keandalan, dengan harapan hasil analisis ini dapat dipergunakan untuk menjadi tolak ukur perencanaan perbaikan mutu dari segi keandalan meliputi lama pemadaman serta frekuensi pemadaman di UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Menteng. Suatu sistem distribusi tenaga listrik dapat dikatakan andal apabila gangguan dan pemadaman yang terjadi dalam periode waktu tertentu dibawah angka indeks keandalan yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis nilai SAIDI dan nilai SAIFI penyulang di UP3 Menteng yang mengalami gangguan pada tahun 2019 serta membandingkan dengan standar indeks keandalan SPLN 68-2: 1986 dan standar indeks keandalan IEEE std 1366 &#x2013; 2003. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di PT. PLN (Persero) UID UP3 Menteng pada 130 penyulang di UP3 Menteng dikategorikan andal karena memiliki nilai SAIFI rata-rata sebesar 0 &#x2013; 0,3 kali/pelanggan/tahun dan SAIDI sebesar 0 &#x2013; 0,2 jam/pelanggan/tahun dimana hal ini tidak melebihi standar yang ditetapkan PLN pada SPLN 68 &#x2013; 2 : 1986 (SAIFI yaitu 1,7 kali/pelanggan/tahun dan SAIDI yaitu 4,7 jam/pelanggan/tahun) dan IEEE standar 1366 &#x2013; 2003 (SAIFI yaitu - kali/pelanggan/tahun dan SAIDI yaitu 2,30 jam/pelanggan/tahun), sehingga dapat disimpulkan bahwa 130 penyulang dikategorikan andal.&#xD; &#xD; The purpose of this research is to determine the reliability of 20 kV feeders in 2019 in UP3 (Customer Service Implementation Unit) in Menteng including the frequency of outage (SAIFI value) and duration of outage (SAIDI value) compared to the reliability index standard, with the hope that the results of this analysis can used to be a benchmark for quality improvement planning in terms of reliability including outages and frequency of disturbances in the Menteng UP3 (Customer Service Implementation Unit) Menteng. The research method used is descriptive method with analysis using the SAIDI value and the SAIFI value of feeders at UP3 Menteng wihich experienced a distruption in 2019 as well as comparing to the SPLN 68-2: 1986 reliability index standard and the IEEE reliability index standard std 1366 - 2003. Based on research results obtained at PT. PLN (Persero) UID UP3 Menteng at 130 feeders in UP3 Menteng is categorized reliably because it has an average SAIFI value of 0 - 0.3 times / customer / year and SAIDI of 0 - 0.2 hours / customer / year which is not exceeds the standard set by PLN on SPLN 68-2: 1986 (SAIFI is 1.7 times / customer / year and SAIDI is 4.7 hours / customer / year) and IEEE standard 1366 - 2003 (SAIFI is - times / customer / year and SAIDI which is 2.30 hours / customer / year), so it can be concluded that 130 feeders are categorized reliably.</description><date>2020-05-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/2/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/3/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/4/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/5/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/6/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9262/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> IMAM WAHYUDI, . (2020) ANALISIS KEANDALAN PENYULANG 20 KV BERDASARKAN SAIDI DAN SAIFI (STUDI KASUS DI PT. PLN (PERSERO) UID JAKARTA RAYA UP3 MENTENG TAHUN 2019). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>9262</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author IMAM WAHYUDI, .
title ANALISIS KEANDALAN PENYULANG 20 KV BERDASARKAN SAIDI DAN SAIFI (STUDI KASUS DI PT. PLN (PERSERO) UID JAKARTA RAYA UP3 MENTENG TAHUN 2019)
publishDate 2020
topic Teknologi (umum)
Teknik Elektronika
url http://repository.unj.ac.id/9262/1/BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/2/BAB%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/3/BAB%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/4/BAB%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/5/BAB%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/6/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/9262/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keandalan penyulang 20 kV pada tahun 2019 di UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Menteng meliputi frekuensi pemadaman (nilai SAIFI) dan durasi lama pemadaman (nilai SAIDI) dibandingkan dengan standar indeks keandalan, dengan harapan hasil analisis ini dapat dipergunakan untuk menjadi tolak ukur perencanaan perbaikan mutu dari segi keandalan meliputi lama pemadaman serta frekuensi pemadaman di UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Menteng. Suatu sistem distribusi tenaga listrik dapat dikatakan andal apabila gangguan dan pemadaman yang terjadi dalam periode waktu tertentu dibawah angka indeks keandalan yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis nilai SAIDI dan nilai SAIFI penyulang di UP3 Menteng yang mengalami gangguan pada tahun 2019 serta membandingkan dengan standar indeks keandalan SPLN 68-2: 1986 dan standar indeks keandalan IEEE std 1366 – 2003. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di PT. PLN (Persero) UID UP3 Menteng pada 130 penyulang di UP3 Menteng dikategorikan andal karena memiliki nilai SAIFI rata-rata sebesar 0 – 0,3 kali/pelanggan/tahun dan SAIDI sebesar 0 – 0,2 jam/pelanggan/tahun dimana hal ini tidak melebihi standar yang ditetapkan PLN pada SPLN 68 – 2 : 1986 (SAIFI yaitu 1,7 kali/pelanggan/tahun dan SAIDI yaitu 4,7 jam/pelanggan/tahun) dan IEEE standar 1366 – 2003 (SAIFI yaitu - kali/pelanggan/tahun dan SAIDI yaitu 2,30 jam/pelanggan/tahun), sehingga dapat disimpulkan bahwa 130 penyulang dikategorikan andal. The purpose of this research is to determine the reliability of 20 kV feeders in 2019 in UP3 (Customer Service Implementation Unit) in Menteng including the frequency of outage (SAIFI value) and duration of outage (SAIDI value) compared to the reliability index standard, with the hope that the results of this analysis can used to be a benchmark for quality improvement planning in terms of reliability including outages and frequency of disturbances in the Menteng UP3 (Customer Service Implementation Unit) Menteng. The research method used is descriptive method with analysis using the SAIDI value and the SAIFI value of feeders at UP3 Menteng wihich experienced a distruption in 2019 as well as comparing to the SPLN 68-2: 1986 reliability index standard and the IEEE reliability index standard std 1366 - 2003. Based on research results obtained at PT. PLN (Persero) UID UP3 Menteng at 130 feeders in UP3 Menteng is categorized reliably because it has an average SAIFI value of 0 - 0.3 times / customer / year and SAIDI of 0 - 0.2 hours / customer / year which is not exceeds the standard set by PLN on SPLN 68-2: 1986 (SAIFI is 1.7 times / customer / year and SAIDI is 4.7 hours / customer / year) and IEEE standard 1366 - 2003 (SAIFI is - times / customer / year and SAIDI which is 2.30 hours / customer / year), so it can be concluded that 130 feeders are categorized reliably.
id IOS7130.9262
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-09-27T15:14:03Z
last_indexed 2020-09-27T15:14:03Z
recordtype dc
_version_ 1686502347883151360
score 17.538404