ctrlnum 9235
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/9235/</relation><title>MODEL VARIASI LATIHAN TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA PUTRA USIA KELAS TINGGI PADA SEKOLAH DASAR</title><creator>BAMBANG TRIAJI ASNOTO, .</creator><subject>Pendidikan Olah Raga</subject><subject>Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra yang efektif untuk usia kelas tinggi pada sekolah dasar. Berdasarkan data yang diperoleh, dari hasil penelitian yang terdiri dari validasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar serta pembahasan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra dapat dikembangkan dan diterapkan dalam ekstrakurikuler sekolah serta efektif untuk mengingkatkan kemampuan teknik dasar passing sepakbola usia kelas tinggi pada sekolah dasar. Subyek penelitian dalam uji coba kelompok kecil sebanyak 20 siswa kelas tinggi SDN Tebet Timur 15 dan subyek penelitian dalam uji coba kelompok besar sebanyak 30 siswa kelas tinggi SDN Tebet TImur 07, serta subyek penelitian pada uji efektivitas sebanyak 40 siswa kelas tinggi SDN Tebet Timur 17. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil validasi pakar dan uji efektivitas melalui instrument penilaian posisi kaki tumpu, ayunan kaki yang menendang, posisi kaki yang menendang, posisi lutut, posisi tangan, pandangan mata, impact, posisi badan, dan follow through dengan analisis data statistik uji-t. Hasil penelitian dan pengembangan model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra usia kelas tinggi pada sekolah dasar menunjukkan bahwa (1) setelah dilakukan uji coba kelompok kecil dan besar terdapat perubahan yang semula 36 item model menjadi 30 item model yang dapat diterapkan dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar passing sepakbola siswa (2) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung 20.800 &gt; t tabel 2.02 taraf signifikansi 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan keterangan tersebut dapat dikatakan bahwa model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra usia kelas tinggi pada sekolah dasar dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar passing serta efektif untuk diterapkan dalam proses latihan teknik dasar passing sepakbola putra usia kelas tinggi pada sekolah dasar.&#xD; &#xD; Abstract. The research purpose is to provide the overview of variations model training of basic passing techniques in boys soccer which effective for high-grade ages in elementary school. Based on the data from research, small groups trials and large group trials also the discussion of result, it conclude that the variations model of passing basic techniques training of high-grade ages boys in elementary schools could be develop and apply on extracurricullar also the effectiveness of increasing the skill technique on basic passing training. The research subject on small group trial are 20 high-grade ages students of SDN Tebet Timur 15 and the largest one are 30 high-grade ages students of SDN Tebet Timur 07 also the effectivenest trials are 40 high-grades ages students from SDN Tebet Timur 17. The research method is the research and development model from Borg and Gall. The collection data techiniques is the validation result and effectiveness trial through instruments for assessing fulcrum positions, kicking leg swings, kicking foot positions, eye views, impact, body position, and follow through with t-test statistical data analysis. The research result and model improvement shows (1) after the small group and large group trials are done there are changes from 36 model items to 30 model items that could be applied to increase the skill technique of basic passing student soccer (2) Based on the data analysis, the t value is 20,800 &gt; t table 2.02 with a significance level of 0.05, it could be conclude that H0 is rejected and Ha is accepted. Based on this information, it could be said that the variations model of the passing basic technique high-grade ages students in elementary school could be improve the basic skills of passing and be effective to applied in training process of the passing basic technique of high-grade ages student in elementary schools.</description><date>2020-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/1/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/3/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/5/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/6/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/9235/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> BAMBANG TRIAJI ASNOTO, . (2020) MODEL VARIASI LATIHAN TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA PUTRA USIA KELAS TINGGI PADA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>9235</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author BAMBANG TRIAJI ASNOTO, .
title MODEL VARIASI LATIHAN TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA PUTRA USIA KELAS TINGGI PADA SEKOLAH DASAR
publishDate 2020
topic Pendidikan Olah Raga
Kepelatihan
Manajemen Kepelatihan
url http://repository.unj.ac.id/9235/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/2/BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/3/BAB%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/4/BAB%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/5/BAB%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/6/BAB%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/9235/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra yang efektif untuk usia kelas tinggi pada sekolah dasar. Berdasarkan data yang diperoleh, dari hasil penelitian yang terdiri dari validasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar serta pembahasan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra dapat dikembangkan dan diterapkan dalam ekstrakurikuler sekolah serta efektif untuk mengingkatkan kemampuan teknik dasar passing sepakbola usia kelas tinggi pada sekolah dasar. Subyek penelitian dalam uji coba kelompok kecil sebanyak 20 siswa kelas tinggi SDN Tebet Timur 15 dan subyek penelitian dalam uji coba kelompok besar sebanyak 30 siswa kelas tinggi SDN Tebet TImur 07, serta subyek penelitian pada uji efektivitas sebanyak 40 siswa kelas tinggi SDN Tebet Timur 17. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil validasi pakar dan uji efektivitas melalui instrument penilaian posisi kaki tumpu, ayunan kaki yang menendang, posisi kaki yang menendang, posisi lutut, posisi tangan, pandangan mata, impact, posisi badan, dan follow through dengan analisis data statistik uji-t. Hasil penelitian dan pengembangan model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra usia kelas tinggi pada sekolah dasar menunjukkan bahwa (1) setelah dilakukan uji coba kelompok kecil dan besar terdapat perubahan yang semula 36 item model menjadi 30 item model yang dapat diterapkan dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar passing sepakbola siswa (2) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung 20.800 > t tabel 2.02 taraf signifikansi 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan keterangan tersebut dapat dikatakan bahwa model variasi latihan teknik dasar passing sepakbola putra usia kelas tinggi pada sekolah dasar dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar passing serta efektif untuk diterapkan dalam proses latihan teknik dasar passing sepakbola putra usia kelas tinggi pada sekolah dasar. Abstract. The research purpose is to provide the overview of variations model training of basic passing techniques in boys soccer which effective for high-grade ages in elementary school. Based on the data from research, small groups trials and large group trials also the discussion of result, it conclude that the variations model of passing basic techniques training of high-grade ages boys in elementary schools could be develop and apply on extracurricullar also the effectiveness of increasing the skill technique on basic passing training. The research subject on small group trial are 20 high-grade ages students of SDN Tebet Timur 15 and the largest one are 30 high-grade ages students of SDN Tebet Timur 07 also the effectivenest trials are 40 high-grades ages students from SDN Tebet Timur 17. The research method is the research and development model from Borg and Gall. The collection data techiniques is the validation result and effectiveness trial through instruments for assessing fulcrum positions, kicking leg swings, kicking foot positions, eye views, impact, body position, and follow through with t-test statistical data analysis. The research result and model improvement shows (1) after the small group and large group trials are done there are changes from 36 model items to 30 model items that could be applied to increase the skill technique of basic passing student soccer (2) Based on the data analysis, the t value is 20,800 > t table 2.02 with a significance level of 0.05, it could be conclude that H0 is rejected and Ha is accepted. Based on this information, it could be said that the variations model of the passing basic technique high-grade ages students in elementary school could be improve the basic skills of passing and be effective to applied in training process of the passing basic technique of high-grade ages student in elementary schools.
id IOS7130.9235
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-09-27T15:14:02Z
last_indexed 2020-09-27T15:14:02Z
recordtype dc
_version_ 1686502347806605312
score 17.538404