Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Disiplin dan Kebugaran Jasmani terhadap Kinerja guru Pendidikan Jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Analisis jalur (Path Analysis). Untuk melihat pengaruh langsug antar variabel Motivasi, Disiplin dan Kebugaran Jasmani terhadap Kinerja guru Pendidikan Jasmani. Sampel yang digunakan adalah 102 guru pendidikan jasmani yang suda Sertifikasi yang ada diProvinsi sulawesi tenggara. Motivasi, Disiplin dan kinerja diukur menggunakan pengisian angket yang telah divalidasi oleh para ahli. Kebugaran jasmani diukur dengan menggunakan 5 item tes kebugaran yaitu tes angkat tubuh untuk putra dan angkat siku tekuk untuk putri, Sit-up, Push-up, lari bolak balik dan daya tahan yaitu lari dengan menempuh jarak 2,4km. Tehnik analisis data menggunakan Analis jalur (path analysis). Temuan setian Variabel dimana 1) Variabel Motivasi (X1) berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru (Y), sebesar (R2=0,194). 2) Variabel Disiplin (X2) berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru (Y), sebesar (R2=0,160). 3) Variabel kebugaran jasmani (X3) berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru (Y), sebesar (R2=0,376). 4) Variabel Motivasi (X1) berpengaruh langsung positif terhadap kebugaran jasmani (X3), sebesar (R2=0,375). 5) variabel Disiplin (X2) berpengaruh langsung positif terhadap kebugaran jasmani (X3), sebesar (R2=0,889). 6) Variabel Motivasi (X1) berpengaruh langsung positif terhadap Disiplin (X2), sebesar (R2=0,580). Dari ketiga variabel bebas yang memberikan kontribusi yang paling besar untuk meningkatkan kinerja guru pendidikan jasmani adalah kebugaran jasmani sebesar (R2=0,376). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa seorang guru yang memiliki kebugaran jasmani yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik pula saat mengajar disekolah. Kata kunci: Motivasi, Disiplin dan Kebugaran Jasmani