ctrlnum 8458
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/8458/</relation><title>EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 4 PILAR TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN DI SMA NEGERI 12 JAKARTA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 12 Jakarta)</title><creator>PRAYOGA DWI WIBOWO, .</creator><subject>Pendidikan</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana evaluasi kegiatan dari ekstrakurikuler 4 Pilar di SMA Negeri 12 Jakarta berlangsung. 2) Mengetahui bagaimana proses penanaman karakater peduli sosial dan semangat kebangsaan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. &#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber penelitian dalam penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler 4 Pilar, Guru pembina ekstrakurikuler 4 Pilar dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Jakarta.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak adanya metode kebaruan yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar, tidak ada pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar, tidak ada program kerja dari adanya kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hanya diberikan pemahaman materi ataupun persiapan untuk mengikuti lomba. Sehingga dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar terhadap karakter peduli sosial dan semangat kebangsaan hanya dilakukan melalui pemberian materi saja tidak ada kegiatan lainnya. &#xD; Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diperlukan proses evaluasi secara menyeluruh dari berbagai aspek seperti context, input, process, product. Sehingga proses penanaman karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar tidak dilakukan dengan pemberian materi, tetapi bisa digunakan dengan kegiatan lainnya yang membuat partisipasi anggota meningkat dan memberikan kemajuan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar.&#xD; &#xD; &#xD; This research aims to find: 1) Know how to evaluate the extracurricular activities 4 Pilar at SMA Negeri 12 Jakarta held. 2) Know how to process planting social care and spirit of nationality in extracurricular activities 4 Pillar. &#xD; The method being used in this research is descriptive with qualitative approach. Data collection techniques used, among others, interviews and documentation studies. The research source in this study is members of the 4 Pillar extracurricular, teacher of the extracurricular activites 4 Pilar and vice principal of student. This research was conducted at SMA Negeri 12 Jakarta.&#xD; The results of this research show that; the absence of renewal method used in extracurricular activities 4 Pilar, there is no implementation of evaluation conducted by extracurricular activities 4 Pilar, There is no work program from the extracurricular activities 4 Pilar. In the implementation of extracurricular activities 4 Pillar are only given the understanding of materials or preparation to participate in the competition. So in the extracurricular activities 4 Pilar against the character of social care and the spirit of the nationality is only done through the given of materials and no other activites. &#xD; The conclusion this research is necessary to thoroughly evaluate various aspect of the context, input, process, product. so that, the process of planting characters in extracurricular activites 4 Pilar is not conducted by giving of materials, but being able to use other activities increase member participation and giving progress in the extracurricular activities 4 Pilar.</description><date>2020-06-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/2/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/3/BAB%20II%20KAJIAN%20TEORI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/4/BAB%20III%20METODELOGI%20PENELITIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/5/BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN%20DAN%20PEMBAHASAN%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/6/BAB%20V%20KESIMPULAN%2C%20IMPLIKASI%2C%20SARAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8458/9/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><identifier> PRAYOGA DWI WIBOWO, . (2020) EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 4 PILAR TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN DI SMA NEGERI 12 JAKARTA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 12 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>8458</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author PRAYOGA DWI WIBOWO, .
title EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER 4 PILAR TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DAN SEMANGAT KEBANGSAAN DI SMA NEGERI 12 JAKARTA (Studi Kualitatif di SMA Negeri 12 Jakarta)
publishDate 2020
topic Pendidikan
url http://repository.unj.ac.id/8458/1/cover.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/2/BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/3/BAB%20II%20KAJIAN%20TEORI.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/4/BAB%20III%20METODELOGI%20PENELITIAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/5/BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN%20DAN%20PEMBAHASAN%20.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/6/BAB%20V%20KESIMPULAN%2C%20IMPLIKASI%2C%20SARAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/8/LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/9/DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repository.unj.ac.id/8458/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana evaluasi kegiatan dari ekstrakurikuler 4 Pilar di SMA Negeri 12 Jakarta berlangsung. 2) Mengetahui bagaimana proses penanaman karakater peduli sosial dan semangat kebangsaan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber penelitian dalam penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler 4 Pilar, Guru pembina ekstrakurikuler 4 Pilar dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak adanya metode kebaruan yang digunakan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar, tidak ada pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar, tidak ada program kerja dari adanya kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hanya diberikan pemahaman materi ataupun persiapan untuk mengikuti lomba. Sehingga dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar terhadap karakter peduli sosial dan semangat kebangsaan hanya dilakukan melalui pemberian materi saja tidak ada kegiatan lainnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diperlukan proses evaluasi secara menyeluruh dari berbagai aspek seperti context, input, process, product. Sehingga proses penanaman karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar tidak dilakukan dengan pemberian materi, tetapi bisa digunakan dengan kegiatan lainnya yang membuat partisipasi anggota meningkat dan memberikan kemajuan dalam kegiatan ekstrakurikuler 4 Pilar. This research aims to find: 1) Know how to evaluate the extracurricular activities 4 Pilar at SMA Negeri 12 Jakarta held. 2) Know how to process planting social care and spirit of nationality in extracurricular activities 4 Pillar. The method being used in this research is descriptive with qualitative approach. Data collection techniques used, among others, interviews and documentation studies. The research source in this study is members of the 4 Pillar extracurricular, teacher of the extracurricular activites 4 Pilar and vice principal of student. This research was conducted at SMA Negeri 12 Jakarta. The results of this research show that; the absence of renewal method used in extracurricular activities 4 Pilar, there is no implementation of evaluation conducted by extracurricular activities 4 Pilar, There is no work program from the extracurricular activities 4 Pilar. In the implementation of extracurricular activities 4 Pillar are only given the understanding of materials or preparation to participate in the competition. So in the extracurricular activities 4 Pilar against the character of social care and the spirit of the nationality is only done through the given of materials and no other activites. The conclusion this research is necessary to thoroughly evaluate various aspect of the context, input, process, product. so that, the process of planting characters in extracurricular activites 4 Pilar is not conducted by giving of materials, but being able to use other activities increase member participation and giving progress in the extracurricular activities 4 Pilar.
id IOS7130.8458
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-09-27T15:13:57Z
last_indexed 2020-09-27T15:13:57Z
recordtype dc
_version_ 1686502344732180480
score 17.538404