Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara Komunikasi Efektif dengan Perilaku Perundungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI SMK Negeri 54 Jakarta. Sampel yang diambil adalah 86 siswa dari jumlah populasi secara keseluruhan 658 siswa. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan metode lilliefors dan diperoleh data berdistribusi normal. Uji linieritas dengan persamaan regresi diperoleh Ŷ = 123,954 - 0,6542X. Kemudian melakukan uji hipotesis dengan mencari keberartian regresi yang diperoleh Fhitung > Ftabel (44,35 > 3,95) hasil tersebut menunjukkan bahwa regresinya adalah berarti. Untuk uji kelinieran regresi didapatkan Fhitung < Ftabel (-0,04 < 1,66) hasil tersebut menunjukkan bahwa model persamaan regresi adalah linier. Hasil dari uji koefisien korelasi product moment diperoleh nilai rhitung < rtabel (-0,588 < 0,213). Uji t-Test diperoleh nilai thitung < ttabel (-6,660 < 1,989) yang menunjukkan keberartian hubungan antara komunikasi efektif dengan perilaku perundungan. Hasil perhitungan uji koefisien determinasi didapatkan bahwa Perilaku Perundungan ditentukan oleh Komunikasi Efektif sebesar 34,57%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang signifikan antara Komunikasi Efektif dengan Perilaku Perundungan. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara Komunikasi Efektif dengan Perilaku Perundungan. Walaupun ada faktor lain yang menyebabkan terjadinya perilaku perundungan. Kata Kunci: Komunikasi Efektif, Perilaku Perundungan, Siswa ***************************** The purpose of this study to obtain empirical data regarding the relationship between Effective Communication and Bullying Behavior. The method used in this research is a correlational method with a quantitative approach. The sampling technique used in this research was stratified random sampling. The population in this study were students of class X and class XI of SMK Negeri 54 Jakarta. The sample taken was 86 students from the total population of 658 students. The analysis requirements test used is the normality test with the Liliefors method and data is normally distributed. Linearity test with the regression equation obtained Ŷ = 123,954 – 0,6542X. Then test the hypothesis by looking for the meaning of the regression obtained Fcount > Ftable (44,35 > 3,95) these results indicate that the regression is meaningful. To test the linearity of the regression, it was found that Fcount < Ftable (-0,04 < 1,66). These results indicate that the regression equation model is linear. The results of the product-moment correlation coefficient test obtained rcount < rtable (-0,588 < 0,213). The t-test obtained the value of tcount <ttable (-6,660 < 1,989) which shows the meaning of the relationship between effective communication and bullying behavior. The results of the calculation of the coefficient of determination show that Bullying Behavior is determined by Effective Communication of 34,57%. The results obtained from this study are that there is a significant negative relationship between Effective Communication and Bullying Behavior. The conclusion of this study is that there is a relationship between Effective Communication and Bullying Behavior. Although there are other factors that cause abuse behavior. Keywords: Effective Communication, Bullying Behavior, Student