HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS XI IIS SMA NEGERI 2 CIBINONG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar sejarah pada kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Cibinong. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Cibinong, Karadenan, Cibinong selama empat bulan dari bulan Desember 2015 sampai dengan maret 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMAN 2 Cibinong, sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 2 Cibinong, Karadenan, kabupaten Bogor angkatan 2015/2016 dengan jumlah 66 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalahdengan menggunakan sampel jenuh, artinya seluruh anak di dalam kelas dijadikan sebagai responden.Untuk memperoleh data variabel X (Hasil Belajar Sejarah) diambil melalui nilai rapor semester pertama siswa kelas XI IIS di SMAN 2 Cibinong. Untuk memperoleh data variabel Y (Kompetensi Pedagogik) diambil melalui butir pertanyaan kuisioner sebanyak 26 pertanyaan dengan rentang skor 1-4. Sebelum instrumen final terlebih dahulu digunakan instrumen kuisioner uji coba menggunakan uji validitas dengan rumus Pearson, dengan hasil 26 valid dan 4 drop. Dilanjutkan dengan kalibrasi serta uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach.Hasil teknik analisis data menyatakan bahwa semua variabel dalam penelitian ini telah memenuhi persyaratan analisis (terdistribusi normal dan memiliki bentuk yang linier). Dari pengujian tersebut, maka diperoleh regresi persamaan Ŷ= 0,173X + 73,52. Koefisien korelasi adalah 0,345%, artinya presentase sumbangan kompetensi pedagogik dengan hasil belajar sejarah sebesar 34,50%, sedangkan sisanya sebesar 65,50%, dipengaruhi oleh faktor –faktor lain yang tidak diteliti. Hasil perhitungan menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru memiliki hubungan positif dengan hasil belajar sejarah siswa.