PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS(Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 150 Jakarta)
Main Author: | Fajar Kurniawan, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/8285/1/FAJAR%20KURNIAWAN_SKRIPSI_P.IPS_4915127045.pdf http://repository.unj.ac.id/8285/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Preziberpengaruh terhadap hasil belajar IPS.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 150 Jakarta dengan sampel kelas VIII.Sampel penelitian diambil secara purposive random samplingyaitu dengan pengambilan sampel secara acak namun dengan pertimbangan tertentu.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental yaitu untuk mengetahui pengaruh dari perlakuan (treatment) yang dilakukan berupa penggunaan media pembelajaran Preziterhadap hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dengan melakukantes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Setelah data terkumpul maka langkah selanjutnya uji prasyarat analisis dilanjutkan dengan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan uji normalitas dengan menggunakan uji lilieforsdan uji homogenitas dengan mengggunakan uji fishermenunjukan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal danhomogen.Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai thitunglebih besar dari ttabel(3,746>1,997) pada KD 6.3 Pengendalian Penyimpangan Sosial, dan bahwa nilai thitunglebih besar dari ttabel(3,043>1,997) pada KD 7.1 Ketenagakerjaan dengan masing-masing taraf signifikansi 0,05 yang artinya hipotesis Haditerima. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran prezi lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan powerpoint. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran setelah diberi perlakuan dengan menggunakan mediaPrezisehingga hasil belajar yang diperolehbaikKesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Prezimemiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 150 Jakarta