AKTIVITAS YAYASAN SAHABAT ANAK DALAM MEMBINA PERILAKU ANAK MARJINAL(Studi di Yayasan Sahabat Anak Pegangsaan Jakarta Pusat)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi secara mendalam dan obyektif, mengenai aktivitas lembaga swadaya masyarakatYayasan Sahabat Anakdalam membina perilaku anak marjinal. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih selama duabulan terhitung dari akhir bulan Maret sampai dengan awal bulan Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan studi kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalahanak marjinal yang dibina di Pusat Kegiatan Anak Yayasan Sahabat Anak, dan key informan dalam penelitian ini adalah koordinator bidang pendidikan Yayasan Sahabat Anakserta staff, dan pengawas kegiatan Yayasan Sahabat Anak yang peneliti anggap mengetahui permasalahan secara mendalam. Dalam hal observasi, peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke lokasi. wawancara, diberikan langsung informan dan key informan.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aktivitasyang dilakukan di Yayasan Sahabat Anak Pegangsaan Jakarta Pusat dalam membina perilakumelalui aktivitascharacter buildingpendidikan kewarganegaraankelas agamadan mata pelajaran kejar paket untuk memperoleh ijazah. Adapun aktivitas bimbingan keterampilan bertujuan mengembangkan potensi dirinyauntuk dapat terjundi masyarakat. Sedangkanmelalui kegiatanekstrakulikuler dan piket bersamabertujuanuntuk membina anak marjinaldalam berkomunikasi dan melakukan kerjasama, serta sikap salingmenghargai satu sama lain