Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkandata empiris dan informasi tentang pengaruh metode Discovery Learningterhadap penalaran siswa dalam pembelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 2 Tangerang.Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2016. Metode yang digunakan adalahmetode eksperimendengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu mengggunakan teknik simple randomsampling. Jumlah sampelsebanyak 40 siswa pada kelas X MIA 1 dan pada kelas X MIA 2 sebanyak 40 siswa.Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Discovery Learningterhadap penalaran siswa dalam pembelajaran PPKn. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan penalaran siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan penalaran siswa kelas kontrol. Jadi, metode Discovery Learningberpengaruh dalam meningkatkan penalaran siswa dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 2 Tangerang.