MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI GERAK DASAR MELOMPAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SDN SINDANG SARI 01
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmendapatkan data tentangpeningkatankemampuangerakdasarmelompatmelaluimodelcooperative learning tipeTeams Games Tournament (TGT) dalampembelajaranPendidikanJasmani.Penelitianinidilaksanakan di kelas IIISDN Sindang Sari 01 KabupatenBekasidimulaipadabulanMaretsampaibulanMei 2016, menggunakanmetodepenelitiantindakankelas (classroom action research) yang terdiridari2 siklusdengan 4 kegiatanyaituperencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi.Hasilpenelitianmenunjukkanpersentaseperolehandata padasiklus I gerakdasarlokomotormelompat 40%.Siklus II menunjukkankenaikan yang signifikanyaitu 86,6%. Adapundata untukpemantautindakanpembelajarandenganmodel cooperative learning tipeTeams Games Tournament (TGT)padasiklus I persentase70% danpadasiklus II mencapaipeningkatanhingga95%.Dari hasilpenelitian, dapatdinyatakanbahwadenganmenggunakanmodel cooperative learning tipeTeams Games Tournament (TGT) dapatmeningkatkankemampuangerakdasarmelompatdalampembelajaranpendidikanjasmani. Kesimpulannyaadalahbahwapembelajaranpendidikanjasmanidenganmenggunakan: model cooperative learning tipeTeams Games Tournament (TGT) dapatdijadikanpendekatanpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmelompat di Kelas IIISDN Sindang Sari 01 KabupatenBekasi.