Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh intensitas pelatihan guru pendamping terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun. Sampel diambil menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang guru pendamping dan masing-masing anak pada kelompok guru pendamping dengan intensitas pelatihan tinggi, sedang, dan rendah sebanyak30 orang anak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan observasi sistematis. Pengujian hipotesis menggunakan ANOVA bahwa terdapat perbedaan kemandirian anak pada ketiga kelompok intensitas pelatihan guru pendamping yang tinggi, sedang, dan rendah. Dilanjutkan dengan Uji-t menunjukkan bahwa semua Ho ditolak, maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh intensitas pelatihan guru pendampingyang tinggi, sedang, dan rendahterhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun.Dari ketiga uji hipotesis tersebut membawa Implikasi bahwa pelatihan merupakan salah satu cara yang efektif untuk dapat memenuhi kompetensi guru pendamping sehingga dapat menstimulasi kemandirian anak dengan cara yang baik dan benar. Semakin intens guru pendamping mengikuti pelatihan makaakan semakin terpenuhinya standar kompetensi sebagai guru pendamping yang juga berpengaruh terhadap kemandirian anak