PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)

Main Author: HENI PURWANTI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/8015/1/1.%20COVER%20DAN%20SURAT-SURAT.pdf
http://repository.unj.ac.id/8015/2/2.%20MOTTO%2C%20ABSTRAK%2C%20DAN%20LAIN-LAIN..pdf
http://repository.unj.ac.id/8015/3/3.%20BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/8015/4/4.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/8015/5/5.%20LAMPIRAN%20dan%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://repository.unj.ac.id/8015/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan produk multimedia pembelajaran interaktif dengan siswa yang tidak menggunakan pruduk multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian ini mengadaptasi dari model pengembangan borg and gall dengan langkah-langkah sebagai berikut: Penelitian pendahuluan, pengumpulan data, perencanaan, pengembangan, validasi ahli dan revisi, ujicoba kelompok kecil dan revisi, ujicoba kelompok besar, revisi produk akhir. Hasil penilaian para ahli menunjukan hasil sebagai berikut: (1) Penilaian ahli materi dan bahasa memiliki nilai rata-rata total validasi 3,41 yang berarti valid dan interprestasi koefisien Cohen’s Kappa sebesar 0,68 yang berarti kualifikasi reliabelitasnya adalah tinggi. (2) Penilaian ahli media memiliki nilai rata-rata total validasi 3,47 yang berarti valid dan interprestasi koefisien Cohen’s Kappa sebesar 0,65 yang berarti kualifikasi reliabelitasnya adalah tinggi. Selanjutnya dilakukan ujicoba kelompok kecil dilanjuti dengan revisi dan ujicoba kelompok besar dilanjuti dengan revisi produk akhir. Kemudian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika, penelitian ini dilakukan dengan membandingkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berdistribusi normal dan homogen dengan menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil uji uji Independent Sample t-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05 sehingga sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample t-test bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata tes hasil belajar matematika siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Contextual Teaching Learning (CTL).