ctrlnum 8004
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/8004/</relation><title>PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD(Studi Eksperimen di SD Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor)</title><creator>SYIFA HANNIN PUTRI, .</creator><subject>Teori, Penelitian Pendidikan</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian portofolio terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III.Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor.Waktu penelitian adalah pada semester II tahun pelajaran 2015/2016.Populasi adalah seluruh siswa kelas III SD di Kelurahan Bojong Gede.Sampel adalah kelas III Asebanyak 30 siswadan III B sebanyak 30 siswayangdiambil dengan menggunakan teknik random sampling(acak).Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest-only control design.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban.Instrumen tersebut kemudian dihitung uji normalitas data dengan menggunakan uji Lillieforsmenunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher yang menunjukan bahwa kedua kelas mempunyai varians yang sama atau tidak. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan perhitungan uji-t dan dengan taraf signifikasi0,05 dan derajat kebebasan [dk]58 maka didapat nilai thitung&gt;ttabelatau 8,815 &gt;2,002. Hasil ini memberi makna hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1diterima.Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa hasil belajar dari kelompok siswa yang menggunakan penilaian portofolio lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan penilaian konvensional.Oleh sebab itu, penilaian portofolio merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar IPA.</description><date>2016-07-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/1/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%201.%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/2/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%202.%20Halaman%20Romawi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/3/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%203.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/4/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%204.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/5/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%205.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/6/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%206.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/7/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%207.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/8004/8/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%208.%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> SYIFA HANNIN PUTRI, . (2016) PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD(Studi Eksperimen di SD Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>8004</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SYIFA HANNIN PUTRI, .
title PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD(Studi Eksperimen di SD Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor)
publishDate 2016
topic Teori
Penelitian Pendidikan
url http://repository.unj.ac.id/8004/1/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%201.%20Cover.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/2/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%202.%20Halaman%20Romawi.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/3/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%203.%20BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/4/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%204.%20BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/5/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%205.%20BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/6/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%206.%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/7/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%207.%20BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/8/Skripsi%20Eksperimen%20Syifa%20-%208.%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unj.ac.id/8004/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian portofolio terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III.Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kelurahan Bojong Gede Kabupaten Bogor.Waktu penelitian adalah pada semester II tahun pelajaran 2015/2016.Populasi adalah seluruh siswa kelas III SD di Kelurahan Bojong Gede.Sampel adalah kelas III Asebanyak 30 siswadan III B sebanyak 30 siswayangdiambil dengan menggunakan teknik random sampling(acak).Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest-only control design.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban.Instrumen tersebut kemudian dihitung uji normalitas data dengan menggunakan uji Lillieforsmenunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher yang menunjukan bahwa kedua kelas mempunyai varians yang sama atau tidak. Setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan perhitungan uji-t dan dengan taraf signifikasi0,05 dan derajat kebebasan [dk]58 maka didapat nilai thitung>ttabelatau 8,815 >2,002. Hasil ini memberi makna hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1diterima.Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa hasil belajar dari kelompok siswa yang menggunakan penilaian portofolio lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan penilaian konvensional.Oleh sebab itu, penilaian portofolio merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
id IOS7130.8004
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-07-08T18:37:10Z
last_indexed 2020-07-08T18:37:10Z
recordtype dc
_version_ 1686502342264881152
score 17.538404