Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatankemampuan motorik halus yang di latih melalui kegiatan keterampilan membuat kolase bagi peserta didiktunagrahita sedang kelas VII di SLB C Asih Budi II Jakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita sedang kelas VII di SLB C Asih Budi II Jakarta sebanyak 5 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada minggu awal bulan Januarihingga minggu awal bulan April bertempat di SLB C Asih BudiII Jakarta. Dalam penelitian ini terdapat dua siklus dimana dalam siklus I terdiri dari 7 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 5 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum melakukan tes awal atau tes kemampuan pra-siklus diadakan terlebih dahulu melakukan kegiatan assesmen dalam kemampuan motorik halus peserta didik. Kegiatan ini digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian atau bahan perbandingan sebelum dilakukan tindakan dan setetelah tindakan dengan kriteria nilai ketuntasan 60 dari semuaaspek yang harus dikuasai oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai kemampuan awal motorik peserta didikmelalui kegiatan keterampilanmembuat kolase. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan keterampilan membuat kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didiktunagrahita di SLB C Asih Budi II Jakarta.