Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun melalui metode Read Aloudyang dilaksanakan di PAUD Matahari Bersinar, Kelurahan Malaka Sari, KecamatanDuren Sawit, Jakarta Timurpada bulan Mei –Juni 2016.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah 7 anak kelas Mawar PAUD Matahari Bersinar, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur yang belum maksimal dalam memahami pembelajaran Bahasa Inggris.Teknik pengumpulan data melalui catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi photo kegiatan. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisisdata persentase diperoleh capaian sebesar 55,8% pada siklus I dan capaian sebesar 69,2% pada siklus II. Saat Pra Penelitian capaian angka pemahaman kosakata anak sebesar 34,5%, ini berarti sejak Pra Penelitian hingga siklus II terdapat peningkatan sebesar 34,7%. Berdasarkan hasil persentase kenaikan yang telah ditetapkan maka hipotesis tindakan diterima.Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode Read Alouddapat meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah dengan adanya pengkondisian dan perencanaan dalam metode Read Aloud denganmembacakan cerita Bahasa Inggris sederhana dapat dijadikan alternatif sebagai upaya meningkatkan pemahaman kosakata dalam konteks kalimat Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun