Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapan Guru Pembimbing Khusus (GPK) terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang digunakan untuk menentukan sampel sesuai dengan tujuan penelitian ini, yaitu Guru Pembimbing khusus (GPK)yang bersediamengisi angket.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Pembimbing khusus (GPK)terhahap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah 30 Guru Pembimbing khusus (GPK) dari 40 sekolah penyelenggaraan pendidikan inklusif. Pengumpulan data menggunakan angketdandianalisis dengan cara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harapan GuruPembimbing khusus (GPK) dalam dimensi dorongan sangat tinggi, sementara dalam dimensi usaha masih tergolong rendah, kemudiantingkat ketercapaian antara yang diharapkan dengan dorongan usaha yang ada sudah cukup sesuai harapan Guru Pembimbing Khusus (GPK). Hal ini dibuktikan dari data hasil penelitian yang ada lebih banyak pada tingkat CSH (Cukup Sesuai Harapan)