Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahamanmakna kosakata melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas III SDN Pekayon 16 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan disaintindakan menurut Kemmis dan Mc. Taggart. Disain ini memiliki tiga komponen dalam setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, wawancara,serta lembar pengamatan tindakan guru dansiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman makna kosakata siswa kelas III SDN Pekayon 16 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Berdasarkan data tes pemahaman makna kosakata pada siklus I, jumlah siswa yang mendapatkan nilai lebih dari sama dengan 73 sebanyak17 orang siswa dengan persentase 56,7%. Jumlah siswa yang mendapatkan nilai lebih dari sama dengan 73 ini mengalami peningkatan sebanyak 23 orang siswa dengan persentase 76,7%. Berdasarkan data pengamatan tindakan guru, persentase pengamatan tindakan guru pada siklus I sebesar 81,3%, sedangkan persentase pengamatan tindakan siswa sebesar 73,7%. Hasil ini mengalami peningkatan pada siklus II, yakni persentase pengamatan tindakan guru meningkat menjadi 95% dan persentase tindakan siswa meningkat menjadi 91,3%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan pemahaman makna kosakata pada siswa kelas III SDN Pekayon 16 Pagi Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur menjadi lebih baik.