Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan orangtua-anak dengan kemandirian belajar pada remaja awal. Peneliti menggunakaninstrumen yaitu IPPA (Inventory of Parent and Peer Attachment) dari Armsden & Greenberg, 1987yang telah melalui tahap adopsi dan Skala Kemandirian Belajardari teori Candy, 1991 yang telah diadaptasidari jurnal penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan kepada siswa di salah satu sekolah, di wilayah Jakarta Timur. Sampel penelitian ini berjumlah158 responden yaitu siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama)atau remaja awal berusia ±12 hingga 15 tahun yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalahprobability sampling. Dalam penelitian ini setiap unit dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampeldan pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak.Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis korelasi Pearson/Product Moment. Berdasarkan hasil uji korelasi nilai r hitung > r tabel, artinya terdapat hubungan yang positif signifikan antara variabel kemandirian belajar dan kelekatan orangtua-anak. Hubungan yang dihasilkan bersifat positif, artinya semakin tinggi atau aman kelekatan yang terjalin antara anak dengan orangtuanya, maka akan semakin tinggi pula kemandirian belajar pada remaja