MENINGKATKANKEMAMPUAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 14 PAGI JAKARTA SELATAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan gerak dasar menendang melalui permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kebayoran Lama Selatan 14 Pagi Jakarta Selatan dimulai pada bulan Januari sampai bulan Juni 2016, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase kemampuan gerak dasar menendang meningkat 13% dari 79% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Sedangkan data untuk pemantau tindakan pembelajaran melalui permainan meningkat 20% dari 75% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan permainan dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar menendang dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan permainan dapat dijadikan cara untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar menendang dikelas V SDN Kebayoran Lama Selatan 14 Pagi Jakarta Selatan