Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode tanya jawab dengan media gambar sensorial, dengan subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Al-Azhar 6 yang memiliki masalah dalam kemampuan berbicara.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data kualitatif diperoleh melalui reduksi, display, dan verifikasi. Hasil analisis data kualitatif membuktikan bahwa metode tanya jawab dengan media gambar sensorial dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Anak dapat menyampaikan pendapat dengan kalimat yang jelas, anak mampu menggunakan kata sambung serta mengungkapkan kalimat dengan lancar. Hasil penelitian dengan metode tanya jawab dengan media gambar sensorial menunjukkan bahwa pemerolehan data pada siklus I adalah 58% dan siklus II mencapai 78%. Implikasi dari kegiatan ini adalah metode tanya jawab dengan media gambar sensoria dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas Madinah Kelompok Bermain Al-Azhar 6 Sentra Primer, Jakarta Timur