SURVEIHARAPAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI JAKARTA TIMUR

Main Author: KARINDA NITA SANTI, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/7847/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/7847/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harapanpeserta didik berkebutuhan khusus terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi pada penelitian ini yaitu 70 sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah 110 peserta didik berkebutuhan khusus di 30 sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang didapat kemudiandianalisis dengan cara deskriptifdan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus memiliki harapan yang tinggi terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif di Jakarta Timur. Hal ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi sekolah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan pendidikan inklusif sehingga peserta didik berkebutuhan khusus dapat terlayani dengan baik