PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD(StudiEksperimen di SDNKelurahanLubangBuayaKecamatan CipayungJakarta Timur)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas V A dan V C SDN Lubang Buaya 11 Jakarta Timur dengan jumlah 70 siswa pada kedua kelasnya. Penggunaan sampel menggunakan teknik ClusterRandom Sampling.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Design.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar diterima. Kesimpulan tersebut ditunjukkan dengan uji-t yang membuktikan bahwa thitunglebih besar dari ttabelpada α = 0,05yaitu 4,2408 >1,6676 dan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 83,81 > 73,33