PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BINGKAI 10 TERHADAP PEMAHAMAN PART-PART-WHOLE PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN(Study Eksperimen di BKB PAUD AnggrekKelurahan Munjul, KecamatanCipayung, Jakarta Timur)

Main Author: INTANI DEWI.K.S, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/7837/1/1.%20COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/7837/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unj.ac.id/7837/3/3.%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/7837/4/4.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/7837/5/5.%20BAB%20I-V.pdf
http://repository.unj.ac.id/7837/6/6.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/7837/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data empiris mengenai pengaruh PenggunaanMedia Bingkai 10 terhadap PemahamanPart-part-wholePadaAnak Usia 6-7Tahun di PAUD Anggrek Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, denganrancangan desain True Experimentaldalam bentukTwo Group –with Pre-test and Post-test Design(tekhnik pre-test dan post-test dengan dua kelompok yang diacak). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berusia 6-7tahun yang merupakan anakkelompok PAUD di kelurahan Munjul. Sampeldalam penelitian ini adalah anak usia 6-7 Tahun padaPAUDKelompok Kesiapan Masuk Sekolah (KeMaS) dengan jumlah sampel 15 orang anak pada kelompokeksperimendan 15 orang anak pada kelompok kontrol, yang diambil dengan menggunakan tekhnik Clustersimple random.Tekhnik Pengumpulan data Variabel Y (Pemahaman Part-part-whole) dilakukan dengan menggunakan tekhnik observasi checklist. Tekhnik analisis yang digunakan adalah uji-tuntuk sampel kecil yang tidak berkorelasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh harga thitung1= 22, 5(Uji komparatif pre-post test kelompok Eksperimen), thitung2= 8, 90(Uji komparatif pre-post test kelompok Kontrol),, dan thitung3= 30, 79(Uji komparatif post-post test kelompokEksperimen-Kontrol), denganharga ttabel= 1, 70,dandk = 28 pada taraf signifikan α =0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel, sehingga penelitian ini menolak H0 (hipotesis Nol) dan menerimaHa (Hipotesis Alternatif). Dengan demikian penelitianinimembawa implikasi bahwa penggunaan media bingkai 10 berpengaruh signifikan terhadap pemahaman part-part-wholepada anak usia 6-7 tahun. Semakin sering anak pada usia 6-7 tahun menggunakan media bingkai 10, maka semakin baik juga pemahamannya terhadap part-part-whole