Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan video dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Malaka Jaya 07 Pagi dan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa dengan memanfaatkan media video pada siswa Kelas V SDN Malaka Jaya 07 Pagi.subjek penelitian ini sejumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan, bahwa siswa Kelas V masih mengalami kesulitan ketika menulis narasi dengan nilai rata-rata 50,3 atau 3% pada pra tindakan (pra siklus). Melalui pemanfaatan media video dan dengan beragam metode pembelajaran, keterampilan menulis narasi siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 terdapat 2 siswa yang mencapai nilai di atas KKM 73 dengan nilai rata-rata 60 atau 6% dan pada siklus 2 terdapat peningkata signifikan, yakni terdapat 31 siswa yang mencapai nilai di atas KKM 73 dengan nilai rata-rata 94,5.