Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi awal pada anakusia 5-6 tahunmelalui kegiatan bermain dengan papan lotto di kelompok B, TK Ulil Albab, Cibitung-Bekasi. Kegiatan bermain dengan papan lotto merupakan alat bermain dan belajar anak yang dapat berpengaruh positif pada kemampuan literasi awal anak.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 9 orang. Tindakan yang diberikan yaitu melalui kegiatan bermain dengan menggunakan mediayaitu papan lotto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata kemampuan literasi awal anak telah mencapai 75%.Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan literasi awal anak melalui kegiatan bermain dengan papan lotto di TK Ulil Albab. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan literasi awal anak pada pra tindakan sebesar 49%, meningkat menjadi 69% pada siklus I, kemudian pada siklus II telah mencapai 89%. Tahapan dari tindakan tersebut yaitu setelah apersepsi, masing-masing anak dibagikan sebuah papan lotto, peneliti menjelaskan cara bermain dengan papan lotto, anak menyelesaikan pekerjaannya, setelah selesai mengerjakan, anak-anak maju satu persatu untuk menjelaskan hasil kerjanya dan melakukan tanya jawab.